MEULABOHUTU | Jaminan Mutu Fakultas Teknik yang terdiri dari SPMF dan TPMJ mengadakan Sosialisasi Hasil Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran dan Layanan Akademik Fakultas Teknik Semester Genap TA 2023/2024 dengan Tema ”Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Layanan Akademik: Tantangan dan Langkah Menuju Keunggulan”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (26/8/2024) di Aula Cut Nyak Dhien GKT Lantai 2 Universitas Teuku Umar. Turut hadir Dekan FT, para Wakil Dekan dan ratusan peserta lainnya  yang terdiri dari unsur Pimpinan Program Studi, Dosen, dan Mahasiswa.

Ketua SPMF yaitu Rita Hartati, S.Pd., M.Pd memberikan kata sambutan terkait sosialisasi yang bertujuan untuk menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi terkait proses belajar mengajar dan layanan akademik yang telah dilakukan selama semester Genap TA 2023/2024. Hasil tersebut diharapkan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu di Fakultas Teknik.

Sosialisasi ini dibuka resmi oleh Dekan Fakultas Teknik yang diwakili oleh oleh Wakil Dekan II, Ir. Maidi Saputra, S.T., M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Monev ini merupakan bagian dari upaya fakultas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan akademik. “Hasil Monev ini sangat penting bagi kita semua dalam memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sesuai dengan PPEPP, serta memberikan layanan akademik yang optimal kepada mahasiswa.

Ada 2 Narasumeber pada kegiatan ini yaitu Pak Ir. Mahmud Basuki, ST., MT selaku yang mewakili TPMJ menjelakan bahwa, pentingnya pengisian kuesioner yang diseberkan oleh Tim Jaminan Mutu baik kepada Dosen, mahasiswa dan juga tendik, karena hasil dari kuesioner tersebut akan dievaluasi dan dilakukan tindak lanjut guna untuk memperbaiki kualitas Fakultas Teknik kedepan.

Narasumber selanjutnya yaitu Rita Hartati, S.Pd., M.Pd selaku ketua SPMF yang menjelaskan terkait tugas SPMF dan TPMJ serta menyampaikan hasil Monitoring dan Evaluasi selama satu semester. Rita hartati mengatakan bahwa ada beberapa temuan penting yang perlu mendapat perhatian, seperti tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan prodi, tingkat kepuasan dosen terhadap layanan prodi, kepuasan mahasiswa terhadap penasehat akademik dan proses belajar dan mengajar.

Pada acara tersebut, beberapa penghargaan juga diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap dosen dan program studi yang telah menunjukkan kinerja terbaik pada semester Genap TA 2023/2024. Berikut penghargaan yang diberikan:
1. Penghargaan Indeks Prestasi Mengajar (IPM) Dosen Terbaik:**
– Jurusan Teknik Mesin: Ir. Sulaiman Ali, S.T., M.T.
– Jurusan Teknologi Informasi: Rivansyah Suhendra, S.Kom., M.Sc.
– Jurusan Teknik Sipil: Dr. Irfan, S.T., M.T.
– Jurusan Teknik Industri: Ir. Risnadi Irawan, S.T., M.T.
2. Penghargaan Dosen Penasehat Akademi Terbaik:**
– Jurusan Teknik Mesin: Ir. Sulaiman Ali, S.T., M.T.
– Jurusan Teknologi Informasi: Andriani Putri, S.Kom., M.Sc.
– Jurusan Teknik Sipil: Ir. Azwanda, S.T., M.Eng.
– Jurusan Teknik Industri: Ir. Sofiyanurriyanti, S.T., M.T.
3. Penghargaan Layanan Prodi Terbaik Oleh Mahasiswa Tahun Ajaran 2023/2024:**
– Urutan Pertama: Jurusan Teknik Sipil
– Urutan Kedua: Jurusan Teknologi Informasi
– Urutan Ketiga: Jurusan Teknik Mesin
– Urutan Keempat: Jurusan Teknik Industri
4. Penghargaan Layanan Prodi Terbaik Oleh Dosen Tahun Ajaran 2023/2024:**
– Urutan Pertama: Jurusan Teknologi Informasi
– Urutan Kedua: Jurusan Teknik Sipil
– Urutan Ketiga: Jurusan Teknik Industri
– Urutan Keempat: Jurusan Teknik Mesin

Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi para dosen dan program studi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan serta pembelajaran di Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi di mana para dosen dan tenaga kependidikan memberikan masukan dan saran berdasarkan hasil Monev yang telah disampaikan.

Diskusi berlangsung dinamis dengan berbagai ide dan usulan yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang ada. Selanjutnya Ir. Maidi Saputra mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan Monev ini dan mengajak seluruh civitas akademika Fakultas Teknik untuk terus berkolaborasi demi kemajuan fakultas. “Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa Fakultas Teknik menjadi tempat belajar yang unggul dan memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa dan masyarakat,” tutupnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh elemen di Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar dapat bekerja sama lebih baik lagi dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas serta layanan akademik yang prima bagi seluruh mahasiswa serta mutu di Fakultas Teknik menjadi lebih baik lagi kedepannya. (Humas UTU).