MEULABOHUTU | Akreditasi program studi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, guna menentukan kelayakan program studi untuk menyelenggarakan program akademiknya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Lembaga Akreditasi Mandiri Keteknikan (LAM Teknik) melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) terhadap Program Studi Teknik Industri  Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar, selama dua hari pada tanggal 15-16 Juni 2023 di Kampus UTU, Alue Penyareng, Aceh Barat.

Tim Asesor yang melakukan asesmen yakni, Dr. Ir. Docki Saraswati, M.Eng dari Universitas Trisakti dan Prof. Nilda Tri Putri, S.T., M.T., Ph.D dari Universitas Andalas.

Tim asesor juga disambut oleh Wakil Rektor III Ibrahim, SKM., MNSc, Dekan FT, jajaran pimpinan, dan pihak terkait di ruang rapat senat, Gedung Kuliah Terintegrasi.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng, IPM menyampaikan terima kasih atas kedatangan Asesor, dukungan dari jajaran pimpinan, dan tim akreditasi. Visitasi ini merupakan penjaminan mutu eksternal prodi Teknik Industri guna memperoleh pengakuan standar mutu yang sudah ditetapkan oleh LAM-Teknik.

Prodi Teknik Industri telah mengajukan akreditasi kepada Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM-Teknik) beberapa waktu lalu. Atas usulan itulah LAM-Teknik menindaklanjuti dengan menugaskan asesor untuk melakukan asesmen lapangan.

Sambung Irwansyah, asesmen lapangan ini dilakukan untuk mencocokkan data dan bukti kinerja yang sebelumnya telah dilaporkan dalam Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). Kegiatan asesmen ini sendiri berlangsung tertib, komunikatif, dan turut dihadiri oleh pimpinan di lingkungan Fakultas Teknik UTU.

Irwansyah mengharapkan prodi tersebut bisa memperoleh akreditasi Sangat Baik bahkan Unggul. “Hal ini bukan mustahil, mengingat UTU berkomitmen terus menerus mengupayakan peningkatan prasarana dan sarana pembelajaran, kualifikasi dosen, tendik maupun laboran sesuai dengan standar mutu pendidikan tinggi,” lanjutnya.

Lebih lanjut Dekan menambahkan, akreditasi program studi ini sangat penting sebagai bukti proses pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi. “Melalui akreditasi akan memberikan akses lebih luas kepada mahasiswa dan alumni nantinya yang mensyaratkan status akreditasi Program Studi,” tutupnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Tim Asesor LAM Teknik, Dr. Docki Saraswati mengatakan bahwa tim asesor hanya bertugas untuk mencatat dan mengoreksi secara langsung apa yang telah dilaporkan di Laporan Evaluasi Diri (LED).

“Setiap kegiatan yang dilakukan selalu mengacu pada rencana strategi Unit Pengelola Program Studi,” kata Docki Saraswati.

Selain itu para asesor juga menyampaikan akan melakukan asesmen pada Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) yang berisi indikator kinerja yang mencerminkan pemenuhan atau pelampauan standar nasional pendidikan tinggi.

Senada dengan Asesor I, Prof. Nilda Tri Putri, selaku Asesor II, berharap agar asesmen lapangan dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan.

“Kedatangan kami ke sini adalah silaturahmi dan menjalankan tugas dari LAM-Teknik. Jadi, dibawa santai saja jangan terlalu tegang agar semuanya bisa lancar, tentu saja dari pihak FT UTU diharapkan dapat bekerja sama dengan baik terutama dalam menyiapkan dokumen pendukung yang sudah dituliskan, sehingga hasilnya bisa sesuai yang diharapkan,” ucap Prof. Nilda.

Turut hadir pada kegiatan Assesmen lapangan ini Wakil Dekan 1 dan Wakil Dekan II Fakultas Teknik, Ir. Maidi Saputra, S.T., M.T dan Ir. Inseun Yuri Salena, B.Sc., M.Sc, Ketua Prodi Teknik Industri, Kabiro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si, Plt. Kabiro AKPK, Muhammad Idris, M.Pd, Ketua SPI, Dara Angreka Soufyan, S.P., M.Si, Ketua Badan Jaminan Mutu SPMI Triyanto, M.A, Korpus KKN Teungku Nih Farisni, M.Kes, para kepala UPT lingkup UTU, SPMF, tim penjaminan mutu jurusan, tenaga kependidikan dan lain-lain. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).