MEULABOHUTU | Program Studi Magister Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar menggelar kuliah tamu di Aula Cut Nyak Dhien, Gedung Kuliah Terintegrasi Kampus UTU, Kamis (11/1/2023).

Acara tersebut menghadirkan pemateri dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Fakultas Pertanian, IPB University, Dr. Ir. Heru Bagus Pulunggono, M.Agr yang diikuti oleh dosen dan puluhan mahasiswa dari Fakultas Pertanian.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si. Rektor menyampaikan terimakasih kepada pembicara, Dr. Ir. Heru Bagus Pulunggono yang sudah berkenan berbagi ilmu dengan mahasiswa dan dosen di Fakultas Pertanian UTU. “Acara ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan bagi mahasiswa maupun dosen.

“Fakultas Pertanian IPB University juga diharapkan dapat menjadi partner atau mitra bagi Fakultas Pertanian, dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran dan peningkatan kapasitas SDM dosen dan mahasiswa”, ungkapnya.

Dalam pemaparannya Dr. Heru Bagus menyampaikan kuliah dengan judul “Sifat fisik dan kimia, kesuburan dan klasifikasi tanah dalam kaitannya dengan pengembangan wilayah”.

Koordinator Program Magister Ilmu Pertanian, Dr. Rahmat Pramulya, S.TP., M.M menyebutkan pengelolaan lahan basah adalah proses yang bertujuan untuk menjaga, memulihkan, dan memanfaatkan lahan basah secara berkelanjutan. Lahan basah adalah wilayah yang memiliki tanah jenuh dengan air, baik bersifat permanen maupun musiman, seperti rawa, gambut, dan mangrove.

“Lahan basah memiliki banyak fungsi dan manfaat, baik ekologis maupun ekonomis, seperti pelestari sistem tata air, penyimpan karbon, habitat keanekaragaman hayati, sumber pangan, dan tempat rekreasi,” katanya

Oleh karena itu, perlu adanya partisipasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat dalam proses pengelolaan lahan basah. Selain itu, perlu adanya kerjasama antara berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, swasta, akademisi, LSM, dan masyarakat, untuk mengatasi tantangan dan konflik yang mungkin timbul dalam pengelolaan lahan basah.

“Kita berharap melalui kuliah tamu ini dapat membuka  wawasan terutama dalam hal pengelolaan lahan pertanian pangan dan perkebunan di Aceh,” ujar Dr. Rahmat Pramulya

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Rusdi Faizin, M.Si dalam kesempatannya berharap bahwa kuliah tamu yang dilaksanakan hari ini bisa memberikan informasi dan pengalaman kepada peserta tentang pengelolaan lahan pertanian pangan dan perkebunan.

“Kita meminta kepada Pak Heru Bagus yang merupakan pakar Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan dari IPB University untuk dapat memberikan pengalamannya baik secara akademis maupun keilmuan lainnya,” harap Dekan.