MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) bersama 14 Perguruan Tinggi Negeri mengikuti Rapat Koordinasi dalam rangka membahas kolaborasi penelitian dan pengabdian Kampus PTN Wilayah Barat dan Wilayah Timur bertempat di Hotel Century Park Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Pada Rapat Koordinasi ini, forum menyepakati bahwa sejumlah poin kerjasama yang ditandai dengan penandatangan MoU kerjasama antar PTN.

Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si kepada UTU News mengatakan kolaborasi antar Perguruan Tinggi menjadi sesuatu yang harus dilakukan, dalam hal pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti dengan saling bertukar dosen, mahasiswa, bahkan dapat melakukan riset kolaborasi untuk menciptakan inovasi, serta penggunaan teknologi informasi untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang memenuhi indikator capaian.

Di era yang menuntut kolaborasi ini, lanjut Dr. Ishak Hasan, Perguruan Tinggi mesti berbenah dan memperbaiki diri, tentunya tidak bisa dilakukan sendiri namun perlu adanya dukungan serta kerjasama dengan seluruh elemen termasuk dengan perguruan tinggi lainnya.

“Banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan kolaborasi antara UTU dan Perguruan Tinggi Negeri lainnya di Indonesia, kita bisa belajar banyak hal, tentang mewujudkan green campus dan lainnya juga dari segi kolaborasi penelitian kita pun dapat meningkatkan penelitian dari segi tri dharma,” ucapnya.

Rektor UTU berharap ke depan, kita bangun kebersamaan dalam pelaksanaan Tri Dharma, dengan kolaborasi ini kita dapat saling bahu membahu guna meningkatkan pendidikan di Indonesia semakin baik.

“yang terpenting impact yang akan kita dapatkan dalam kerjasama ini ialah menghasilkan implementasi yang nyata dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, semoga kesepakatan ini dapat meningkatkan pendidikan di Indonesia semakin baik,” tutupnya.

Adapun ke 15 Perguruan Tinggi Negeri dari Wilayah Barat yang melakukan tandatangan MoU adalah Universitas Teuku Umar, Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Samudra Langsa, ISBI Aceh, Universitas Malikussaleh, Universitas Negeri Padang, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Bangka Belitung dan Universitas Jambi. Sementara dari Wilayah Timur adalah Universitas Palangka Raya, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Halu Oleo, Univerditas Borneo Tarakan serta  Universitas Mataram. (Aduwina Pakeh).