MEULABOHUTU | Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan – Guardian of Radiance  berkolaborasi dengan tim Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) bohate find stuff mengadakan workshop inovatif yang bertujuan untuk memperkenalkan produk sabun organik berbahan dasar eco-enzyme kulit nanas dan ekstrak bunga telang, serta mempromosikan dan mendemonstrasikan website Bohate.co.

Workshop tersebut dilaksanakan pada Selasa, 29 Juli 2024 di Aula SDN 01 Percontohan Meulaboh. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari guru dan karyawan pada inovasi produk ramah lingkungan. Kegiatan ini terdiri dari dua sesi utama: workshop pengenalan dan pembuatan sabun organik berbahan dasar eco-enzym kulit nanas dan bunga telang, serta demonstrasi penggunaan website Bohate.co.

PKM dan P2MW merupakan program yang dikelola oleh DIKTI untuk pengembangan pengetahuan, ketrampilan, dan jiwa berwirausaha mahasiswa yang berbassis IPTEK. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada guru dan karyawan untuk meningkatkan kepedulian penggunaan sustainability product berbahan organik berupa sabun perawatan kulit “GUARDIAN OF RADIANCE” berbahan dasar eco-enzyme kulit nanas dan ekstrak bunga telang yang memiliki manfaat melindungi radiasi sinar ultraviolet, memperbaiki skin barrier dan ramah lingkungan.

Rangkaian acara promosi kolaborasi tersebut juga  mempromosikan platform www.Bohate.co yang menawarkan layanan sewa dan jual beli perlengkapan anak preloved. Marketplace www.bohate.co merupakan produk inovasi digital mudah diakses, harga terjangkau dan menyediakan barang seken berkualitas dengan hanya sekali klik “Kami Ada untuk Buah Hati Anda”. Melalui kegiatan ini, diharapkan meningkatkan engagement masyarakat dengan produk guardian of radiance dan layanan www.bohate.co

Pada sesi workshop, peserta diberikan kesempatan untuk langsung mencoba membuat sabun organik dengan bimbingan dari tim Guardian of Radiance. Pada sesi demonstrasi, tim memperlihatkan cara penggunaan website Bohate.co untuk menyewa dan membeli perlengkapan anak.

Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat Maiza Duana S.K.M., M.Si memberikan dukungan penuh untuk kegiatan ini melalui penyediaan fasilitas, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan dan mempresentasikan inovasi mereka di hadapan publik.

“Guardian of Radiance merupakan produk sabun perawatan kulit karya mahasiswa PKM-K dengan memanfaatkan eco-enzyme kulit nanas dan ekstrak bunga telang dan pembuatan website bohate.co karya mahasiswa P2MW yang membantu orang tua melengkapi kebutuhan anak mereka,” ujar Maiza Duana.

Kegiatan ini didukung penuh oleh dosen pembimbing Eva Flourentina Kusumawardani, S.K.M., M.Epid. yang memberikan bimbingan teknis dan akademis kepada tim Guardian of Radiance dan Bohate Find Stuff dalam mengembangkan produk dan merencanakan kegiatan workshop. “Mahasiswa harus mampu memiliki usaha, karena sekarang tidak dapat mengandalkan untuk jadi pegawai saja,” tambah Pak Dahlan dari bidang Kurikulum.

Manfaat dari kegiatan ini sangat dirasakan oleh peserta, terutama dalam hal pengetahuan tentang pengolahan limbah rumah tangga menjadi produk yang bermanfaat. Pengalaman hands-on dalam membuat sabun organik dan memahami cara kerja website Bohate.co memberikan wawasan baru dan inspirasi untuk menerapkan prinsip ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dan pemenuhan kebutuhan anak.

Diharapkan melalui kegiatan ini, semakin banyak kesadaran dan ketertarikan audiens tertarik untuk menggunakan produk ramah lingkungan serta memanfaatkan layanan Bohate.co. dan penggunaan sabun organik serta berencana untuk terus mengadakan kegiatan serupa di berbagai lokasi lain, serta mengembangkan produk dan layanan yang lebih inovatif di masa mendatang. (Humas UTU).