MEULABOHUTU | Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Prisma, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar menginisiasi pembentukan Kelompok Wanita Kreatif (KWK) di Desa Ujong Tanoh Darat melalui program Sekolah Wanita, Sabtu (20/7/2024).

Pembentukan kelompok wanita kreatif tersebut melibatkan kolaborasi antar organisasi desa: kelompok wanita tani (KWT), pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), dan Kelompok Kerja (Pokja) Desa setempat.

Kegiatan Sekolah Wanita dengan mengangkat tema E-digital dengan judul “MAKSIMALKAN POTENSI LITERASI E-DIGITAL PADA KELOMPOK WANITA DI DESA UJONG TANOH DARAT PADA ERA INDUSTRI 5.0 DAN ERA TRENSFORMASI DIGITAL”  mampu mencuri hati para kelompok wanita dalam berdiskusi secara intens bersama TIM PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU.

Salah satu Ibu Anggota Sekolah Wanita menyatakan bahwa, kebanyakan kelompok wanita hanya bisa menggunakan handphone untuk alat komunikasi atau bermain aplikasi tertentu saja. Beliau juga mengungkapkan bahwasannya dengan mengikuti Sekolah Wanita ini, mereka mempunyai kesempatan untuk lebih mengetahui terkait dengan penggunaan handphone sebagai alat mencari informasi secara cepat, terutama pada bidang kesehatan dan peningkatan ekonomi melalui jual-beli online.

Selain itu, pembuatan KAHASTA (Karya Hasil Tangan) pada Program Kelompok Wanita Kreatif (KWK) juga sukses dalam menarik antusiasme dari Kelompok Wanita dengan produk berbentuk Vas dan Tas yang di ciptakan, mereka juga semakin antusias dengan produk yang di pamerkan oleh TIM PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU yang di tujukan sebagai materi untuk Kegiatan Program Kelompok Wanita Kreatif dalam Peningkatan Kreativitas Kelompok Wanita melalui Produk KAHASTA.

Ibu Keuchik Desa Ujong Tanoh Darat juga menyampaikan antusiasnya dan mengajak ibu-ibu yang lain untuk bersemangat dalam pembuatan Produk KAHASTA dan menyatakan bahwa ibu-ibu harus terus hadir agar tidak ketinggalan mengenai pelatihan-pelatihan terbaru yang akan di dampingi oleh TIM PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU di setiap sabtu hingga bulan september mendatang.

Sementara Sulaiman B.S selaku Keuchik Desa Ujong Tanoh Darat juga turut berhadir dilokasi untuk melihat kegiatan di sekolah wanita dan Kelompok Wanita Kreatif (KWK) serta berharap antusiasme warga tersebut akan terus berlanjut kedepannya.

Rifaldi, selaku ketuat tim PPK Ormawa Prisma menyatakan harapannya agar Sekolah Wanita dan Kelompok Wanita Kreatif nantinya selalu mendapat antusias dan dukungan dari kelompok sasaran dan masyarakat.

Setelah program selesai, ia berharap kelompok yang sudah terbentuk dapat terus kreatif dengan menghasilkan kerajian tangan dan pemasaran untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan desa. (Humas UTU)