MEULABOHUTU | Mushalla Muhsinin Lingkungan IV Melur, Gampong Drien Rampak, Meulaboh mengadakan kegiatan pengajian rutinan yang dilaksanakan setiap usai shalat subuh. Kegiatan tersebut biasa disebut kuliah ba’da subuh  yang dilaksanakan selama satu jam dengan mendatangkan narasumber para tokoh dan ulama di Kota Meulaboh.

Hari Jum’at (20/10) Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar H. Ibrahim Laweung HS, AMK, SKM,. M.NSc berkesempatan mengisi kuliah bada subuh tersebut. Usai melaksanakan sholat subuh berjamaah beliau menyampaikan pengajian yang bertajuk “Pentingnya Menjaga Kesehatan di Usia Tua”.

H. Ibrahim Laweung mengungkapkan bahwa usia tua adalah sebuah anugerah yang berharga dari Allah SWT. Di fase ini, kita memiliki tanggung jawab untuk merawat karunia ini dengan sebaik-baiknya. “Kesehatan, sebagai aset berharga dalam kehidupan, tidak boleh diabaikan, terutama di masa-masa lanjut usia,” kata H. Ibrahim

Seiring dengan bertambahnya usia, tantangan kesehatan mungkin muncul dengan lebih sering. Oleh karena itu, pada kesempatan berharga ini, saya ingin berbagi tentang pentingnya menjaga kesehatan di usia tua.

“Usia tua adalah fase kehidupan yang membutuhkan perhatian khusus terhadap kesehatan, dan menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat adalah investasi berharga untuk masa depan yang lebih baik,” lanjutnya.

Ada delapan saran yang dikemukakan oleh Warek III UTU dalam kegiatan yang diprakasai oleh Persatuan Wredana Republik Indonesia (PWRI) Kab. Aceh Barat tersebut, yaitu
1. Pentingnya Kesehatan di Usia Tua
2. Aktivitas fisik harus teratur, meskipun tubuh kita tidak sekuat dulu, tetapi melakukan aktivitas fisik teratur adalah kunci untuk menjaga otot dan tulang tetap kuat.
3. Pola Makan Seimbang, gizi yang tepat adalah landasan dari kesehatan yang baik.
4. Kontrol Stres dan Mental Sehat Kesehatan mental tidak kalah pentingnya.

Selanjutnya,
5. Kunjungan Rutin ke Dokter
6. Jaga Kualitas Tidur
7. Hindari Kebiasaan yang merugikan kesehatan, dan
8. Bersosialisasi dan tetap aktif sosial

“mari kita berkomitmen untuk merawat kesehatan kita di usia tua. Dengan perhatian dan tindakan yang tepat, kita dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan memaksimalkan potensi dalam fase berharga ini,” pungkas Warek III, H. Ibrahim Laweung. (Humas UTU).