MEULABOHUTU | Dalam rangka silaturahmi sekaligus inisiasi kerjasama Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Teuku Umar beserta jajaran berkunjung ke Pascasarjan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Jum’at (28/6/2024) lalu. Kunjungan ini disambut baik oleh Direktur Pascasarjana USK beserta jajaran.

Pada kegiatan tersebut dibahas rencana FGD Akselerasi pendampingan riset lanjut dan penulisan artikel ilmiah berimpak faktor imternasional pada mahasiswa S3 yang berasal dari Universitas Teuku Umar yang sedang menempuh pendidikan di USK.

Pada kesempatan tersebut Dekan FT UTU Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng. IPM menjelaskan maksud inisiasi kerjasama berkenaan peningkatan riset lanjut dan kualitas publikasi mahasiswa S3 asal Universitas Teuku Umar. Hal ini menjadi fokus kegiatan tersendiri dalam upaya peningkatan kapasitas SDM terutama yang bergelar doktoral.

Dikesempatan tersebut juga diutarakan  oleh guru besar Universiti Kenagsaan Malaysia,  Prof. Ir. Dr. Shahrum Bin Abdulah, memeberikan dukungan sepenuhnya pada kegiatan tersebut. Hal senada  juga disampaikan oleh Prof. Dr. Hizir Sofyan adalah Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, mendukung sepenuhnya kegiatan pilot projek dimana kerjasama supervisi pembimbingan mahasiswa S3 yang melibatkan guru besar dari universitas luar negeri sebagai promotor pendamping dalam penyelesaian disertasi doktoral.

Sejalan dengan apa yang telah disampaikan di awal diskusi. Prof. Dr. Ir. Husni Husin, MT, IPM, ASEAN.Eng selaku ketua Prodi Doktor Ilmu Teknik juga menyampaikan hal senada dan menekankan bahwa model kerjasama ini bukan hanya diimplementasikan pada bidang keteknikan namun juga pada bidang studi lainnya pada sekolah paska Sarjana Universitas Syiah Kuala.