MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar telah membulatkan tekad dan komitmen dalam peningkatan produk layanan kepada penerima manfaat, seperti dosen, mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya.

Pelayanan prima yang merupakan aktualisasi dari visi misi pimpinan Fakultas Teknik periode yang baru ini memberikan gambaran yang menyeluruh tentang peningkatan layanan yang berkesinambungan pada berbagai aspek layanan, baik akademik maupun non akademik, sehingga peningkatan layanan memberikan kenyamanan bagi dosen, mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya.

Untuk mendukung pencapaian tersebut, FT melakukan  kegiatan pendampingan Konsultasi Pengembangan Dokumentasi dan Sertifikasi ISO. Kegiatan ini berlangsung secara daring pada Rabu, 25 Oktober 2023.  Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini Sholichin Agung Darmawan, selaku Direktur Utama PT. DECRA Group Indonesia.

Sholichin Agung Darmawan yang juga merupakan Registered Principal Assessor – IRCA UK dalam pemaparan yang berjudul  “Optimalisasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan berbasis ISO 21001:2018” menyampaikan evolusi sistem manajemen mutu perguruan tinggi yang berdasar pada Conformity Management dan Customer Satisfaction Management.

Conformity Management terdiri dari kendali mutu dan jaminan mutu serta Customer Satisfaction Management terdiri dari managemen mutu, yang akhirnya semua itu menjurus ke manajemen perguruan tinggi yang berkelanjutan berdasarkan aspek resiko dan peluang.

Proses pelaksanaan manajemen ISO tetap mengacu kepada siklus PDAC yaitu Plan, Do, Check dan Action dengan penerapan 7 klausul manajemen ISO yang terdiri dari organisasi, kepemimpinan, perencanaan, dukungan, operasional, evaluasi kinerja dan peningkatan dengan dokumen/eviden implementasinya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc memberikan support dan dukungan secara penuh terhadap langkah yang diambil oleh seluruh managemen di Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, mulai dari Dekan hingga ke level Ketua Laboratorium dalam rencana implementasi standar ISO dalam proses bisnisnya.

Terpisah, Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM memberikan apresiasi yang besar terhadap tekad yang telah dibangun tersebut, sehingga proses implementasi standar ISO ini nntinya bukan saja sebagai pajangan tetapi harus dapat diimplementasi secara maksimal.

Kemudian Ir. Maidi Saputra, ST., MT., IPM selaku Manager Representative pada kegiatan ini memberikan komitmen yang kuat dibarengi oleh seluruh pemangku kepentigan agar standar ISO ini dapat memberikan dampak yang luar biasa pada pelayanan yang diberikan, sehingga akhirnya Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar dapat meraih akreditasi unggul dan Internasional di waktu yang tidak lama lagi. (Humas UTU).