MEULABOHUTU | Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 dengan tema “Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia” resmi digelar sejak 4 November 2023 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Dalam rangka memeriahkan agenda kebudayaan terbesar di Aceh tersebut, Universitas Teuku Umar (UTU) yang merupakan salah satu perguruan tinggi Negeri di Aceh, ikut membuka “UTU CORNER” di Ruang Cagar Budaya Anjungan Aceh Barat sebagai bagian dari perhelatan festival budaya empat tahunan tersebut.

Dr. Khairan, S.Pd., M.Si, Ketua Penyelenggara “UTU Corner ” dalam keterangannya menyampaikan bahwa kehadiran UTU di PKA ke-8 bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat Aceh tentang PTN yang berada di Aceh Barat tersebut termasuk tentang kemajuan pembangun infrastruktur dan pencapaian ragam prestasi yang diraih mahasiswa dan dosen dalam beberapa tahun terakhir.

“Dengan jumlah dosen sebanyak 421 orang dan jumlah mahasiswa baru 8.000-an, Alhamdulillah UTU berhasil menggerakkan segenap potensi yang ada, sehingga mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan dalam berbagai ajang kompetisi yang diikuti baik skala lokal, regional maupun Nasional,” ujarnya.

Dr. Khairan yang merupakan mantan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Nagan Raya itu juga menyampaikan bahwa UTU telah meraih beberapa prestasi lainnya, seperti akreditasi Baik Sekali untuk Institusi, juga UTU merupakan Kampus terhijau dan berkelanjutan di Aceh versi UI GreenMetric dan terbaik ke 22 di Indonesia.

“Kita juga menampilkan berbagai kerjasama baik di dalam negeri maupun internasional yang dapat meningkatkan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi,” tambahnya.

Dr. Khairan melaporkan hingga hari ke enam Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8, stand pameran “UTU CORNER” telah dipadati lebih dari 10.000 pengunjung yang berasal dari dalam, luar daerah  dan berbagai belahan dunia termasuk dari belanda (sumber: absensi kelompok pengunjung tanggal 4 s.d. tanggal 9 November 2023).

Partisipasi UTU pada PKA ke-8 tidak terlepas dari usaha UTU dalam mempromosikan program program agar dapat memperkenalkan UTU dan Produk Incubator Bisnis yang menjadi daya tarik tersendiri kepada Masyarakat luas (Lokal, Nasional dan Internasional). (Humas UTU).