MEULABOHUTU | Humas Universitas Teuku Umar menghadiri Rapat Kerja Humas Diktiristek sekaligus Sosialisasi Anugerah Humas Diktiristek di Bali, Rabu-Jumat (19-21/6) dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Diktiristek, PTN Akademik dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) di bidang kehumasan dan Sosialisasi Anugerah Humas.

UTU berpartisipasi aktif dalam agenda tersebut dengan mengutus Koordinator Pusat PPID, Kehumasan dan Penerbitan Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc. Acara yang digelar di The Trans Resort Bali itu dibuka langsung oleh Dirjen Dikti, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris , M.Sc.

Dalam sambutan pembukaan, Prof Abdul Haris menyampaikan selamat atas segala prestasi yang dicapai dan berhimpunnya para pimpinan serta staf humas dalam acara ini untuk berbagi sekaligus memperkuat diri dalam bidang teknologi dan strategi kehumasan. “Kehadiran kami disini sebagai bukti komitmen bagaimana pentingnya bidang kehumasan” papar Abdul Haris.

“Humas harus proaktif dalam memberikan informasi di media sosial. Saya sangat mendukung kegiatan ini karena begitu pentingnya peran kehumasan sehingga mereka perlu meningkatkan kemampuan untuk mengelola publik relation,”  terangnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Humas memiliki peran yang sangat penting dalam membangun reputasi Instansi masing-masing apalagi di tengah isu-isu yang berkembang seputar Perguruan Tinggi saat ini.

“Humas sangat penting sebagai jendela untuk membangun reputasi, branding dan manajemen antara reputasi dan branding tersebut. Penting juga diupdate website sebagai jendela informasi perguruan tinggi untuk meningkatkan citra,” lanjut Prof Abdul Haris

Menurut Plt. Sekretaris Dirjen Diktiristek sekaligus Ketua Tim Kerja Humas dan Kerjasama Sesditjen Diktiristek Yayat Hendrayana, M.Si rapat kerja kehumasan tahun ini dapat dilaksanakan di wilayah Indonesia Bagian Tengah sehingga dapat dihadiri oleh pimpinan maupun staf kehumasan dari bagian barat dan timur.

“Dalam kegiatan ini kami mengundang 76 PTN Akademik dan 17 LLDikti dengan tema raker ‘Kreasi, Kolaborasi dan Sinergi’ dengan harapan raker ini dapat menjadi wadah untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dalam transformasi pendidikan tinggi dengan melanjutkan program Merdeka Belajar” kata Yayat Hendrayana.

Aduwina Pakeh mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat. Banyak ilmu yang didapat untuk meningkatkan kualitas insan humas pendidikan tinggi. Berkesempatan saling bertukar pikiran untuk meningkatkan citra positif insan humas, khususnya di Perguruan Tinggi Negeri.

Ia menjelaskan, UTU siap menyambut Anugerah Humas dan Anugerah Kerjasama Diktiristek dengan berupaya maksimal melaporkan kegiatan kehumasan dari tiap katagori yang memiliki dampak terhadap stakeholder dalam hal tranformasi pendidikan tinggi dari aspek IKU, MBKM dan Matching Fund Kedaireka.

“Kita akan secara maksimal untuk mempersiapkan menghadapi Anugerah Diktiristek ini, apalagi di tiga tahun terakhir, UTU berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan di ajang yang sama,” jelasnya

Lanjutnya, sejauh ini UTU selalu mengupdate dan menyajikan informasi kepada masyarakat baik berkaitan perkembangan, pembangunan, sumberdaya, prestasi, kegiatan dan lain-lain yang tentunya diharapkan dapat mendekatkan UTU dengan masyarakat.

Adapun Narasumber pelatihan dalam raker ini adalah Managing Director Imogen PR Jojo S. Nugroho yang menyampaikan materi Komunikasi Krisis, Wakil Sekretaris Umum I Perhumas Fardila Astari (Proactive Strategic Planning), Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia Sari Soegondo (Membangun Relasi dan Bekerjasama Dengan Media di Era Serba Digital), Koordinator Komunikasi dan Layanan Informasi Publik Biro KLIK Kementerian ESDM Khoiria Oktaviani (Connecting The Dots through Social Media) dan Konsultan Komunikasi Digital Rulli Nasrullah (Manajemen Komunikasi Digital). (Humas UTU).