MEULABOH, UTU – Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Teuku Umar (HMTS-UTU) telah sukses melaksanakan kegiatan akbar Civil Race And Exhibiton (CRANE) VI yang berlangsung pada tanggal 22-25 Agustus 2023 di Universitas Teuku Umar. Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh unsur pimpinan Universitas Teuku Umar dan pimpinan perusahaan yang menjadi sponsorship.

Ketua HMTS UTU, Ariq Al Razan menjelaskan bahwa, CRANE merupakan program kerja tahunan dari HMTS-UTU yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan berkonsepkan kompetisi dan pameran yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari.

Ia menambahkan bahwa serangkaian acara yang telah dilaksanakan dalam agenda akbar tersebut meluputi seminar ketekniksipilan yang dilaksanakan pada Selasa 22 Agustus 2023 dengan judul “Realisasi dan Pengembangan Smart Building“ dengan pemateri bersertifikasi yaitu diantaranya Bapak Dr. Ing. Ir. Budi Aulia, M. Ing (Dosen Teknik Sipil Universitas Syah Kuala) sebagai pemateri pertama, Bapak Mohd Yoza Habibie, S.T.,M.T ( Kepala BPPW Banten, Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementrian PUPR) sebagai pemateri kedua dan Bapak Ir. Samsunan, S.T.,M.T (Dosen Teknik Sipil Universitas Teuku Umar) sebagai Moderator. Pada kesempatan itu para pemateri sangat banyak memberikan innovasi terbarukan terkait Pengembangan dan Realisasi Smart Building kepada seluruh audiens

Untuk diketahui, Selain seminar nasional, CRANE juga memiliki sub kegiatan OFIKA (Olimpiade Fisika dan Matematika) yang dilaksanakan pada hari kedua kegiatan Rabu 23 Agustus 2023 dimana peserta dari olimpiade tersebut merupakan Siswa/i SLTA/Sederajat Aceh Barat-Nagan Raya.  Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Teuku Umar mengatakan, “Pada momen Crane ini HMTS-UTU berkeinginan menjadi pelopor meningkat nya jiwa kompetisi di mahasiswa/i SLTA/Sederajat Aceh Barat–Nagan Raya yang mempunyai daya saing tinggi sebagai masa depan bangsa. Pada olimpiade ini di ikuti oleh 173 peserta dari beberapa sekolah Aceh Barat – Nagan Raya, dan di juarai oleh sebagai berikut:

Kategori Matematika:

Juara 1: Dina Ariati dari SMN 4 Kuala

Juara 2: Said Nur Arif dari MAN 1 Aceh Barat

Juara 3: Fahrul Razi dari MAS 1 Alue Tampak

Kategori Fisika:

Juara 1: Khairunnisa Dinili dari SMAN 1 Meulaboh

Juara 2: Atika Hasibuan dari SMAN 2 Kuala

Juara 3: Jonathan Lo dari SMAN 1 Meulaboh

Dan ada juga sub kegiatan nasional yaitu LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) dengan tema “Aktualisasi Peran Teknik Sipil Melalui Smart City dan Smart Building” diadakan dalam rangka mendorong peserta untuk merumuskan gagasan inovatif dan solusi terkait permasalahan dalam konteks Smart City dan Smart Building. LKTI bertindak sebagai media untuk pengembangan diri, peningkatan pemahaman tentang teknik sipil, dan sarana untuk mengajukan konsep-konsep berwawasan lingkungan dan kreatif dalam dunia konstruksi. Hasil dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional adalah sebagai berikut:

Juara 1: JHRA JAYA, Universitas Syiah Kuala

Juara 2: En4Unimal, Universitas Malikussaleh

Juara 3: RC Team, Universitas Teuku Umar

Universitas Teuku Umar (UTU) dengan bangga mengumumkan Expo Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) berjudul “Membangun Inovasi Kreatif, Pemberdayaan Pendidikan Tinggi Vokasi Melalui Expo HMTS-UTU”. Acara yang bertujuan untuk mendorong kreativitas, semangat wirausaha, dan memperkuat pendidikan vokasi ini telah berhasil digelar dengan sukses.

**Pemenang dan Penghargaan:**

Pada bagian ini, kami ingin mengucapkan selamat kepada para pemenang dari berbagai kompetisi:

Pemenang Vocal Solo:

– Juara 1: Fajar Abdi

– Juara 2: Defrian Marta

– Juara 3: Ade Wijaya Admaja

Pemenang Video Reels:

– Juara 1: Sobat Surga

– Juara 2: Wantri

– Juara 3: Bono

Pemenang Selfie Contest:

– Juara 1: Risna Iftah

– Juara 2: Official Baduy

Penghargaan untuk Dosen:

– Dosen Terinspirasi: Pak Samsunan

– Dosen Terfavorit: Pak Bambang Tripoli

– Dosen Terbaik: Buk Cut Suciatina Silvia

Acara Expo HMTS-UTU telah berhasil mengilhami semangat kreatifitas, wirausaha, dan pendidikan vokasi di kalangan mahasiswa. Penghargaan untuk para pemenang dan pengajar mencerminkan komitmen UTU untuk memberikan pengalaman pendidikan berkualitas tinggi. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang telah berkontribusi dalam menjadikan Expo ini sebagai sukses yang berdampak. Semoga Expo HMTS-UTU ini terus memberikan manfaat positif bagi mahasiswa dan lingkungan kampus. Mari bersama-sama membangun masa depan yang kreatif dan berwirausaha!