MEULABOH – UTU | Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Teuku Umar(HMM-UTU) telah sukses melaksanakan kegiatan Seminar Nasional dengan mengusung tema “Energi Baru terbarukan (EBT)”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (31/10/2023) ini  dihadiri oleh mahasiswa/i program studi Teknik Mesin, Pimpinan Fakultas Teknik dan juga dosen Program Studi Teknik Mesin. Mahasiswa/i yang hadir sangat antusias mendengarkan materi yang diberikan oleh narasumber.

Dalam sambutannya Dr. Pribadyo S.T.,M.T mengatakan kegiatan seminar ini sangat berguna untuk menambah ilmu pengetahuan mahasiswa tentang Energi Baru Terbarukan, dan harapannya mahasiswa/i Teknik Mesin jmampu mengembangkan inovasi-inovasi baru yang menggunakan Energi Baru Terbarukan’.

Dekan FT UTU Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan Seminar Nasional Energi Baru Terbarukan (EBT) menyampaikan pengembangan dan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan merupakan langkah yang tepat untuk Mewujudkan Teknologi Ramah Lingkungan, hal tersebut diharapkan bisa menambagh wawasan mahasiswa Teknik Mesin Universitas Teuku Umar dalam menghadapi tantangan energi di masa yang akan datang”.

Pada kesempatan ini Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Teuku Umar (HMM-UTU) menghadirkan Narasumber Prof. Ir. Ubaidillah, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM,ASEAN Eng., CSWP, yang merupakan Guru Besar pada program studi Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Ir. Sulaiman Ali, ST., MT selaku moderator memandu acara seminar ini.

Dalam paparannya Prof Ubaidillah mengatakan “EBT bukan hanya sekedar cahaya matahari, tenaga angin , pasang surut air laut, biomasa, tenaga angin dan panas bumi tapi juga bisa dari daya panas yang dihasilkan dari mobil. Hanya saja energi yang dihasilkan tidak maksimal karena spasenya yang kecil sehingga tidak bisa diletakkan generator didalamnya.

EBT sendiri juga memilliki kelebihan dimana ia tidak akan habis selamanya berbanding terbalik dengan energi Fosil yang akan habis beberapa tahun yang akan datang” sambungnya. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi dan foto bersama. (Humas UTU)