MEULABOH, UTU – Himpunan Mahasiswa Mesin bekerjasama dengan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar mengadakan Seminar Teknik Mesin dengan tema “Peran dan Fungsi Sarjana Teknik Mesin di Dunia Industri”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Terintegrasi UTU, Selasa 30 Mei 2023.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar,  Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM menghadirkan beberapa narasumber, seperti Musfiari, ST dengan materi tentang Quality Assurance Team Leader/Verificator Vallourec Saudi Arabia. Musfiari, ST dalam pemaparannya menyampaikan tentang bagaimana seorang lulusan Teknik Mesin bekerja di industri, Ia juga menerangkan tentang cara pengambilan oil dan Migas serta cara pengelolaan minyak mentah, dan memberitahu cara masuk ke dunia kerja.

Selain itu, juga ada pamateri, Oki Muliadi, ST dari PT PLN Nusantara Power UPK Nagan Raya. Dalam pemaparannya Ia menyampaikan tentang mekanisme cara kerja PLTU sehingga menghasilkan listrik. “Bagaiman bekerja di PLTU dan bahan apa saja yang digunakan, dan apa pekerjaan seorang lulusan teknik mesin di PLTU yang menghasilkan listrik untuk digunakan dalam kebutuhan kita sehari-hari,” Jelasnya.

Dua pamateri lainnya adalah Ir. Darwin, MT yang menjelaskan tentang Core Porduct Jurusan Teknik Mesin Serta Peran Mahasiswa & Dosen, dan Ir. Asbar. R, MT yang memaparkan tentang Core Porduct Jurusan Teknik Mesin Serta Peran Mahasiswa & Dosen.

Untuk diketahui, Seminar tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara seorang mahasiswa teknik mesin bekerja di dunia industri. **