MEULABOHUTU | Dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian dan pengembangan ide-ide kreatif mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sumber Daya Akuatik (Himassa) Universitas Teuku Umar menggelar pelatihan penulisan proposal Program Pengembangan Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) dan Program Pengembangan Usaha bagi Mahasiswa (P2MW) 2024. Kegiatan tersebut berlangsung pada Minggu (3/3/2024) di Gedung kuliah Terintegrasi, Kampus UTU.

Pelatihan ini mengundang narasumber yaitu Syahrul Muharam (peraih prestasi di bidang PPK ormawa dan P2MW tahun 2023) dan turut dihadiri oleh sejumlah dosen dan mahasiswa dari Prodi SDA. Para mahasiswa hadir dengan semangat tinggi untuk mendapatkan panduan dan keterampilan yang diperlukan dalam menyusun proposal yang berkualitas.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi SDA, Heriansyah, M.Si yang diwakili Roni Arif Munandar, S.Kel., M.Si selaku Pembina Himassa UTU menyampaikan betapa pentingnya peningkatan keterampilan dalam menyusun proposal sebagai langkah awal menuju penelitian dan proyek yang bermutu. “Kami berharap melalui pelatihan ini, para mahasiswa dapat lebih aktif dalam mengembangkan ide-ide kreatif dan meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan di lingkungan kampus,” kata Roni Arif Munandar

Lanjut Roni, dari program ini diharapkan dapat memberi pemahaman dari aspek yang berbeda, jika biasanya penyusunan proposal hanya melibatkan mahasiswa dan dosen pembimbing, kami mencoba melibatkan pemenang dari kegiatan tersebut untuk sharing dan memberikan tips dan trik serta motivasi kepada mahasiswa kami agar dapat mencapai prestasi serupa, bahkan lebih baik.

Pelatihan dilaksanakan secara intensif dengan materi yang disajikan meliputi tahapan penyusunan proposal, peraturan dan tata cara pengajuan proposal, serta teknik penulisan yang efektif. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada narasumber yang ahli di bidangnya.

Salah seorang mahasiswa peserta pelatihan, menyatakan kegembiraannya atas inisiatif Himassa dalam melibatkan mahasiswa dalam kegiatan ini. “Pelatihan ini memberikan wawasan baru dan memperbaharui pengetahuan kami terkait tata cara penyusunan proposal yang baik dan benar,” ucapnya

Diharapkan, melalui pelatihan ini, baik dosen maupun mahasiswa Prodi SDA  dapat lebih siap dan percaya diri dalam menyusun proposal-proposal yang memiliki dampak positif di bidang penelitian, kreativitas, dan kepemimpinan organisasi mahasiswa. Semangat riset dan pengembangan diharapkan semakin terus tumbuh di seluruh lingkungan akademis Universitas Teuku Umar. (Humas UTU).