MEULABOHUTU | Prestasi tiada henti diukir oleh putra-putri terbaik kampus sumber Inspirasi dan Referensi, Universitas Teuku Umar. Kali ini prestasi diraih oleh Irza Yunita  mahasiswa Prodi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UTU yang baru saja sukses meraih Juara III Kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2023 Tingkat LLDikti Wilayah XIII Aceh, Selasa (9/5/2023).

Irza mengungkapkan dalam penilaian Mawapres yang telah berlansung dari kemarin (8/5/2023) hingga hari ini (9/5/2023) terdapat 3 indikator penilaian pemilihan mahasiswa berprestasi terdiri dari capaian unggulan, gagasan kreatif dan pidato bahasa inggris.

dalam penilaian Mawapres kemarin terdapat 3 indikator penilaian pemilihan mahasiswa berprestasi terdiri dari capaian unggulan, gagasan kreatif dan pidato bahasa inggris.

Untuk gagasan kreatif-nya sendiri yang dipresentasikan itu otomatisasi rumah garam kubus (TIMAH KUBUS) sinergi dalam upaya meningkatkan produktivitas garam lokal.” ungkapnya ketika dihubungi Humas UTU.

Irza mendapatkan peringkat III dari 16 peserta tingkat sarjana perguruan tinggi di wilayah lingkungan LLDIKTI XIII

Tak hanya itu, dia juga memberikan tips agar para mahasiswa yang ingin berprestasi dalam bidang yang mereka inginkan untuk keluar dari zona nyaman dan mencari potensi yang ada dalam diri mereka.

“Tipsnya yaitu keluar dari zona nyaman. Kalau jadi mahasiswa kan pastinya ada rasa malas, pengen hang out kemana aja itu dihilangin. Kemudian cari potensi dan kelebihan masing-masing, dan yang lebih baik itu dikembangin. Terus cari kekurangan dan kelebihan kita. Yang kelebihan kita optimalkan dan yang kurang kita perbaiki,” ungkapnya.

Sementara itu, Hafinuddin, M.Sc selaku dosen pembimbing Irza Yunita menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih oleh Irza. Hal ini menjadi bukti bahwa dia mampu bersaing dan berkompetisi dengan baik dan bisa terpilih menjadi perwakilan Aceh pada ajang Pilmapres tingkat nasional tahun 2023. “Selamat kepada Irza Yunita. Selamat berjuang. Terus meningkatkan kemampuan dan tidak pernah menyerah, ” ujarnya.

Lebih lanjut Hafinuddin yang juga Wakil Dekan II FPIK UTU ini menyebutkan bahwa Irza Yunita telah menjalani proses latihan intensif selama beberapa bulan terakhir ini. Karena ketulusan dan keseriusan inilah yang mengantarkan Irza meraih juara.

Tantangan terbesar dalam proses pelatihan dan pendampingan adalah menemukan ide untuk gagasan kreatif. Namun Irza dapat melalui pertandingan dengan sangat baik dan mengukir prestasi.

Dikonfirmasi terpisah Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ibrahim, MNc  turut menyampaikan selamat kepada Irza Yunita, atas raihan  prestasi yang membanggakan tersebut.

“Selamat dan sukses untuk ananda Irza Yunita. Terus berjuang. Terima kasih untuk dosen pembimbing yang telah membimbing mahasiswanya dengan baik hingga meraih prestasi, ” ujarnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)