MEULABOH – UTU | Rektor Universitas Teuku Umar Prof Dr Ishak Hasan menerima kunjungan Komisaris PT Telkom Indonesia Bapak Marcelino Pandin, PhD sebagai pembicara pada Digital Business Leadership Series Lecture yang perdana yang di laksanakan oleh Program Studi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar 30 April 2024.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan kuliah umum ini diharapkan dapat membuka cakrawala mahasiswa tentang perubahan yang terjadi saat ini didunia industri dan perubahan yang akan terjadi dimasa depan sebagai konsekuensi dari digitalisasi “kita hidup di era masyarakat digital dimana perubahan terjadi dengan cepatnya  sehingga kita perlu mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang siap untuk menyambut perubahan tersebut dan berkontribusi bagi pembangunan daerah serta untuk menuju Indonesia emas 2045”.

Rektor juga berharap kedatangan Bapak Marcelino dan Mr Chang Su Choi yang merupakan mantan direktur utama Bank BK Bukopin yang sebelumnya pernah menjabat sebagai direktur global Bank Korea membawa semangat baru bagi Prodi Bisnis Digital untuk membangun kerjasama dan memperluas koneksi dengan berbagai mitra nasional dan international dalam mempersiapkan talenta digital SDM UTU yang berdaya saing global  dan mencetak pengusaha muda baru dibidang digital bisnis yang mampu menjawab persoalan utama di Aceh terutama masalah penganguran dan kemiskinan harus menjadi top priority.

Dalam kuliah umum bapak Marcelino menjelaskan tentang potensi bisnis digital “Indonesia merupakan negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di kawasan ASEAN dan dengan pertumbuhan yang paling cepat. Di tahun 2015 nilai ekonomi digital Indonesia sebesar USD 8 miliar, kemudian di tahun 2019 USD 40 miliar, dan diprediksi pada tahun 2025 kita akan memiliki USD 133 miliar,”  sehinga dibutuhkan 9 juta talenta digital 2030. dan kebutuhan SDM untuk mewujudkan cita-cita Indonesia maju 2045. Oleh karena itu beliau mengapresiasi kehadiran program studi bisnis digital yang akan membantu mewujudkan lahirnya talenta digital dan berharap mahasiswa dan anak muda untuk belajar dengan giat dan terus meningkatkan soft skill untuk siap bersaing dan menuju era baru digital society.

Sementara itu Mr Choi menyampaikan bahwa saat ini semua orang dapat terkoneksi dengan dunia perdagangan international dengan smartphone. Selama ada koneksi internet dan smartphone setiap mahasiswa dapat menjadi seller dan juga promoter yang dapat memperkenalkan potensi potensi daerah di bidang pertanian, perikanan dan lainnya untuk di pasarkan di pasar global ,kuncinya harus dimulai langkah kecil dan sederhana dalam memulai usaha begitu juga dengan perusahaan besar di Korea seperti LG yang memulai sebagai penjual beras, Samsung yang juga merupakan kedai sembako pada awal berdirinya, sehingga anak muda dan mahasiswa harus berani memulai untuk membuka usahanya.

Rektor juga berharap agar acara ini dapat menumbuhkan sinergi lintas sectoral dan juga meningkatkan perhatian pemerintah pusat untuk pengembangan digitalisasi sektor koperasi, UMKM semakin meningkat di provinsi Aceh terutama dengan mengajak anak muda untuk berperan aktif mempersiapkan masa depannya. Diakhir kuliah umum , Bapak Marcelino bersedia untuk menjadi pengajar pratisi bersama Mr Choi membantu prodi Bisnis Digital untuk melahirkan talenta digital lulusan UTU.  (Humas UTU).