MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar mendapat kunjungan khusus dari perusahaan asal Singapura Conrad Asia Energy Ltd. Mereka disambut dan diterima oleh Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Nyak Amir, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ibrahim, SKM., M.NSc, Ketua Senat Basri, SH., M.H di ruang rapat senat, GKT, Kampus UTU, Selasa, (18/7/2023)

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh General Manager (GM) PT. Conrad Asia Energy Ltd, Radian Hartama, yang didampingi Said Bob (Conrad Asia Energy Ltd.) dan Azharul Yacob (Ecotropica).

Turut hadir dalam kegiatan silaturahmi ini Dekan FT, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng, IPM, Dekan FKM Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.PH, Dekan Fakultas Pertanian Ir. Rusydi Faizin, M.Si, Kepala Biro AKPK Renaldi Iswan, ST., M.Sc, Wakil Dekan I FISIP Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si, Wakil Dekan 1 FPIK Sufal Diansyah, M.Si dan sejumlah pejabat lainnya.

Kunjungan mereka dalam rangka bersilaturahmi dengan Universitas Teuku Umar. Sebagaimana diketahui bahwa PT. Conrad Asia Energy Ltd pada awal januari 2023 lalu telah memenangi kontrak untuk pengelolaan 2 blok migas di laut Aceh yaitu Offshore North West Aceh (Meulaboh) dan Offshore South West Aceh (Singkil).

Sebagaimana informasi yang beredar, kedua blok migas yang terletak di laut lepas Aceh itu diproyeksikan memiliki sumber daya yang cukup melimpah. Blok Meulaboh diestimasikan memiliki sumber daya minyak mencapai 800 juta barel minyak (millions barrels of oil/MMBO) dan gas sekitar 4,8 triliun kaki kubik (trillion cubic feet/TCF). Sementara itu, potensi sumber daya minyak untuk Blok Singkil berada di kisaran 1,4 miliar barel minyak (billion barrels of oil/BBO) dan gas sebesar 8,6 TCF.

Pada kesempatan tersebut, para pimpinan Universitas Teuku Umar menitipkan harapan besar agar perusahaan Conrad Asia Energy dapat melaksanakan program eksplorasi migas di lepas pantai Meulaboh sehingga dari itu diharapkan pembangunan di wilayah barat selatan Aceh ini juga ikut tumbuh dan berkembang.

Radian Hartama dalam kesempatannya menyampaikan terimakasih atas sambutan hangat dari pimpinan UTU, “kami dari Conrad Asia Energy Ltd datang ingin bersilaturrahmi dan berkenalan dengan bapak ibu semua yang ada di Universitas Teuku Umar,” kata Radian Hartama

Radian menyampaikan bahwa pada saat ini mereka sedang melakukan penelitian awal di wilayah kerja ONWA dan OSWA berupa sampling data dasar lingkungan di pesisir barat selatan aceh. Pada kegiatan ini turut melibatkan sumber daya dari Universitas Teuku Umar dalam tim peneliti bersama ecotropica.

Suasana kunjungan ini berlangsung cukup hangat dan penuh kekeluargaan. Prof. Nyak Amir yang mewakili Rektor UTU  menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan perusahaan migas ini di kampus. “Kami senang mendapat kunjungan dari bapak ibu dan tentu saja ini adalah sebuah kebanggaan bagi kami.

Pada akhir perbincangan, kedua belah pihak bersepakat untuk meningkatkan komunikasi dan mendiskusikan peluang-peluang kerjasama yang lebih intens lagi. Khususnya kontribusi perusahaan migas tersebut terhadap perguruan tinggi seperti UTU. Sebelum meninggalkan tempat, Ketua Senat UTU, Basri menyerahkan bingkisan cendera mata yang diterima Radian Hartama sebagai simbol silaturahmi dan kekeluargaan antara UTU dan PT. Conrad Asia Energy Ltd. (Aduwina Pakeh)