MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) pada Selasa (16/5/2023) dijadwalkan akan mengadakan program Teuku Umar Inspiring Talk yang bertema “Mewujudkan Akselerasi Tata Kelola Pemerintah Dinamis di era VUCA”.

Untuk menyukseskan program tersebut, UTU menghadirkan secara langsunh sejumlah pejabat penting yang relevan sebagai narasumber yaitu Ketua Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) Dr. Adi Suyanto, M.Si, Kepala Pusat Riset Kebijakan Publik, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yanuar Farida Wismayanti, S.ST., M.A., P.Hd dan Peneliti Ahli Utama – BRIN, Dr. Suprapedi, M.Eng.Sc.

Teuku Umar Inspiring Talk akan dilangsungkan di Aula utama lantai II Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU. Selain dilakukan secara luring, program ini juga dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting, kepada para peserta yang ingin mengikuti program ini diharapkan dapat melakukan registrasi kepada panitia.

Selain program Inspiring Talk yang akan dipandu oleh Dr. Ikhsan, S.IP., M.IP tersebut, juga akan dilakukan penandatangan MoU antara Universitas Teuku Umar dengan kedua lembaga tersebut.

Basri, S.H., M.H selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar berharap bahwa kegiatan yang diisiasikan oleh Prodi Ilmu Administrasi Negara yang digelar kali ini mampu memberi pencerahan kepada masyarakat, khususnya mahasiswa tentang Akselerasi Tata Kelola Pemerintah Dinamis di era VUCA.

Kita menyadari bahwa dunia saat ini mengalami perubahan lingkungan strategis yang cepat, dinamis, kompleks, tidak terduga, dan tidak pasti di era VUCA (Volatility, Uncertainty,  Complexity, dan Ambiguity).

Dalam menghadapi era ini, pemerintah Indonesia perlunya melakukan reorientasi program reformasi birokrasi agar dapat beradaptasi melalui pembentukan pemerintahan yang dinamis dan tangkas.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengembangkan sumber daya manusia kompeten dan profesional yang akan berkontribusi pada pengembangan birokrasi yang tangkas.

“Oleh karena itu, kami mengundang para akademisi, mahasiswa, politisi, praktisi hukum, pengusaha, pihak industri, LSM, Pemda, dan berbagai pihak untuk menghadiri Teuku Umar Inspiring Talk ini,” kata Basri. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).