MEULABOH – UTU | Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) Stingrays Diving Club (SDC) Universitas Teuku Umar bersama PT. Mifa Berdaudara dan Pusong Diving Club (PDC) Aceh Barat Daya  menyelenggarakan kegiatan monitoring daerah konservasi karang di pulau gosong, Susoh Aceh Barat Daya. Giat ini mengusung tema “Monitoring dan Pembersihan Terumbu Karang pada Media Transplantasi”, di selenggarakan pada Kamis (17/10/2024).

Monitoring dan Pembersihan terumbu karang ini bertujuan untuk meninjau dan mengontrol pertumbuhan karang yang telah di tranplantasi. Kegiatan monitoring ini merupakan kegiatan lanjutan setelah penanaman karang yang dilakukan pada kegiatan sebelumnya, tepatnya pada bulan agustus 2024.

Kegiatan monitoring atau pengecekan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan per dua bulan sekali oleh tim penyelam dari SDC UTU, PT. MIFA BERSAUDARA dan PDC ABDYA sehingga laju pertumbuhan karang yang telah ditanam dapat terkontrol dengan baik.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kami bersama dalam menjaga kelestarian ekosistem laut terutama bagian terumbu karang agar dapat tumbuh lebih luas sehingga diharapkan bisa membantu meningkatkan hasil tangkap nelayan kecil di masa yang akan datang. Ujar syahrul Ramadhan

Adanya kegiatan ini diharap bisa membuka lebih luas lagi pandangan pemerintah daerah dalam mendukung giat-giat konservasi laut kedepannya.
Karna laut sumber kehidupan kita semua. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menjaganya. (Humas UTU).