MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT-UTU) melaksanakan kegiatan “Bimtek Penyusunan RPS dan portofolio Matakuliah sebagai implementasi Pembelajaran Metode Case Method dan Project Based Learning (PjBL)”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Tanggal 8-10 Agustus 2024 Bertempat di Parkside Hotel Takengon. Kegiatan ini diikuti oleh 24 dosen dari 4 (empat) Prodi yang ada di lingkup Fakultas Teknik.

Sebagai langkah menavigasi arah baru, kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan dosen menuju cara-cara baru dalam pembaruan parktik pendidikan. Kegiatan ini untuk mengoptimalkan RPS dan Portofolio matakuliah sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas, efektivitas dan kualitas Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Portofolio yang relevan dan lebih baik dalam proses pembelajaran ke depan.

Dr. Ir. Irwansyah, S.T.,M.Eng.,IPM dalam pembukaannya menyampaikan bahwa era kurikulum OBE (Outcomee Based Education) ini menyiratkan bahwa semua upaya yg dilakukan dalam kegiatan ini merupakan konteks dari kurikulum OBE yang berfokus pada hasil pembelajaran yang diharapkan dari mahasiswa.

Kegiatan bimtek ini pula  bertujuan untuk memperbarui dan menyempurnakan RPS dan Portofolio matakuliah dengan penekanan pada pendekatan OBE. Harapan besar kita semua, pelaksanaan kurikulum OBE pada Semester Ganjil 2024/2025 ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita selaku pendidik terhadap mahasiswa, dan kegiatan ini merupakan kegiatan yang mendukung terwujudnya mutu dalam pelaksanaan pendidikan. “Untuk itu penting menyusun dokumen RPS sebagai perwujudan dalam menyiapkan standar di bidang pendidikan termasuk evaluasi pembelajaran” ungkapnya.

Kegiatan bimtek selama 3 (tiga) hari ini dibagi dalam bbeberapa sesi, dihari pertama membahas penyeragaman visi dalam implementasi OBE dengan metode pembelajaran Case Method dan Project Based Learning. Penyeragaman visi ini dilakukan agar Dosen Koordinator Mata Kuliah untuk Menyusun Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dan sub-CPMK, serta memahami korelasi antara CPL dan sub-CPMK, sehingga pada akhirnya dosen diharapkan mampu menyusun desain pembelajaran mata kuliah dengan menggunakan pendekatan OBE.

Hari kedua, Pembahasan RPS untuk MK Case Method dan Project Base Learning dan pembahasan Portofolio Mata Kuliah yang dilakukan oleh masing-masing dosen prodi melalui presentasi.

Sedangkan pada hari ketiga, Finalisasi dokumen dan pemaparan hasil Kerja dari masing-masing prodi, kemudian penandatanganan komitmen bersama utnuk menyelesaikan portofolio matakuliah lainnya yang menggunakan model pembelajaran Case Method dan Project Based Learning.

Kegiatan ini pun dilaksanakan sebelum dimulainya perkuliahan semester Ganjil 2024/2025 yang seyogyanya akan dimulai pada Tanggal 19 Agustus 2024. Sehingga dengan selesainya RPS dan portofolio matakuliah dengan pendekatan OBE, maka dosen dilingkup Fakultas Teknik UTU telah memiliki perencanaan yang baik.

Penekanan terhadap keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, efektif, serta interaktif  menjadi modal bagi mahaisswa untuk mengembangkan keterampilan barunya dalam menghadapi tantangan globalisasi dimasa mendatang. (Humas UTU).