MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar menyelenggarakan International Guest Lecture bertema ‘Positive Effect if Technology on Teaching and Student Learning’, Senin, 21 Agustus 2023.

Kegiatan International Guest Lecture tersebut menghadirkan dua  keynote speaker dari University Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia. Keduanya adalah Ts. Dr. Mohammad Norzaimi Che Ani dan Ms. Siti Nabilah binti Ahmad Sanusi.

Acara yang berlangsung di Auditorium Teuku Umar tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor 1 Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc yang turut dihadiri juga oleh Dekan FT UTU, Dr. Ir. Irwansyah, ST,. M.Eng., IPM, Wakil Dekan FT UTU, seluruh Kaprodi lingkup FT, para dosen dan mahasiswa.

Dekan FT UTU, Dr. Ir. Irwansyah, mengatakan program kampus adalah melaksanakan kerjasama atau kolaborasi antar sesama Universitas dan Fakultas baik dalam negeri maupun luar negeri.

Jadi program ini adalah langkah awal kita untuk melakukan kolaborasi di bidang tri dharma perguruan tinggi dengan UniKL. Khususnya dengan Faculty of Civil Engineering Technology,” kata Dr. Ir. Irwansyah dalam sambutannya.

Dr. Ir. Irwansyah juga menyampaikan kedepan UTU dan UniKL  akan berkolaborasi baik dalam melanjutkan study maupun dalam guest lecture. Sehingga membuka peluang bagi mahasiswa yang memiliki keinginan untuk melanjutkan study pascasarjana.

Ini langkah awal yang baik, tentunya ada kesepakatan dan program-program lainnya. Kemudian untuk dosen yang ingin melakukan riset, penelitian dengan dosen UniKL akan kita fasilitasi kerjasamanya. Dan kita libatkan pihak lembaga LPPM PMP dari UTU,” jelas Dr. Ir. Irwansyah

Lanjutnya, sesuai dengan tema kita hari ini, teknologi meningkatkan keterlibatan siswa, yang dapat mengarah pada retensi informasi yang lebih baik. Selain itu, teknologi dapat meningkatkan harga diri dan kegembiraan dalam belajar, menyatukan siswa melalui alat diskusi dan kolaborasi, serta berdampak positif pada masyarakat secara keseluruhan.

Sementara itu, Guest Speaker, Ts. Dr. Mohammad Norzaimi Che Ani menjelaskan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan.

Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.

Dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, popularitas dan pengaruhnya terhadap kehidupan kita sehari-hari meningkat dari hari ke hari. Itu telah membuat hidup lebih mudah dan lebih mudah dalam setiap aspek kehidupan.

Dari pendidikan hingga olahraga, hingga setiap bidang di dunia, informasi yang diperbarui dan berkembang tersedia dengan mudah. Bidang pengajaran dan pendidikan sangat diuntungkan oleh teknologi. Semua kemajuan teknologi ini telah membawa efek positif dan negatif pada pendidikan.

Sebagian tergantung pada pengguna untuk membedakan antara yang baik dan yang buruk.

Kemudian Ms. Siti Nabilah binti Ahmad Sanusi dalam kesempatannya menjelaskan tentang beberapa dampak positif dan negatif dari teknologi pada siswa.

Karena Kecerdasan Buatan mulai memengaruhi kehidupan siswa, kami juga akan mencoba membahas dampak positif dan negatif Kecerdasan Buatan pada pendidikan dan siswa.