MEULABOHUTU | Sebagai upaya peningkatan kerjasama internasional pada Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar dalam menyonsong penerapan kurikulum Outcome Based Education (OBE) dan akreditasi Internasional, Fakultas Teknik menggelar acara kuliah tamu yang istimewa sekaligus menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Perlis, Malaysia.

Acara yang berlangsung pada hari Jum’at, 23 Agustus 2024 bertempat di Auditorium GKT U2C ini menjadi tonggak penting dalam mempererat hubungan akademik antara kedua institusi.

Dalam kuliah tamu yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan tamu undangan, topik yang dibahas berfokus pada perkembangan teknologi dan inovasi dalam dunia Teknik dan teknik bagaimana meningkatkan publikasi internasional di kedua institusi.

Pembicara pertama dari UiTM, Prof. Ts. Dr. Mohd Azlan Mohd Ishak, menyampaikan wawasan secara mendalam tentang “perkembangan teknologi dewasa ini dan peran perguruan tinggi dalam menyikapinya”, presentasi tersebut ditanggapi dengan sangat antusias oleh peserta yang aktif berdiskusi dengan pemateri.

Kemudian pemateri kedua, Prof. Madya. Dr. Wan Izhan Nawawi Wan Ismail, menyampaikan “peran dan semangat mahasiswa serta lulusan dalam memasuki dunia kerja”, beliau menyampaikan perlunya peningkatan kapasitas dari lulusan sehingga mudah diserap didunia kerja nantinya.

Pemateri ketiga yang tidak kalah menarik juga disampaikan oleh Prof. Dr. Mahidin, S.T., M.T., IPM, yang merupakan Guru Besar di bidang Sumber Daya Energi pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, menyampaikan juga tentang internasionalisasi perguruan tinggi, khususnya Fakultas Teknik, peningkatan sumber daya manusia seperti pemenuhan dosen berkualifikasi Doktor menjadi bagian yang sangat penting.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor III Ibrahim, SKM., M.NSc, dalam sambutannya menyampaikan kerjasama ini bukan hanya untuk memperkuat hubungan akademik, tetapi juga untuk membuka peluang baru bagi mahasiswa dan dosen dalam memperluas wawasan serta keterampilan mereka di tingkat internasional.

“Kami berharap melalui kemitraan ini kita dapat bersama-sama menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.” Kata Ibrahim

Pada kesempatan terpisah Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Dekan II, Ir. Maidi Saputra, ST., MT., IPM menyampaikan apresiasi yang sangat baik terhadap inisiasi kerjasama ini, ini merupakan langkah yang besar bagi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar dalam upaya nya untuk mencapai peringkat akreditasi internasional.

Penandatanganan nota kesepahaman ini mencakup berbagai bidang kerjasama, termasuk pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, serta pengembangan program akademik yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Pihak UiTM Cawangan Perlis juga menyambut baik atas kerjasama ini dan berharap sinergi antara kedua universitas akan membawa dampak positif yang signifikan, tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam kontribusi terhadap pengembangan teknologi dan inovasi di kawasan Asia Tenggara. (Humas UTU).