MEULABOHUTU | Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise., M.Sc., IPU menandatangani program kerjasama dengan BUMDES Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak dan Geuchik Gampong Pulau Baguk, di Aula Serba Guna, Kecamatan Pulau Banyak, pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Penandatanganan kerjasama ini merupakan salah satu bagian dalam program PPK Ormawa, Badan Eksekutif Mahasiswa FPIK, Unibersitas Teuku Umar. Pada penandatanganan Surat perjanjian kerjasama ini, dihadiri juga Wakil Dekan Bidang Akademik FPIK, Dr. M. Rizal, M.Si yang juga sebagai Pembina mahasiswa dalam program kegiatan ini.

Kegiatan ini di hadiri oleh Camat Pulau Banyak, Mukhlis, S.STP, Geuchik Pulau Baguk Hardi, sekdes Hanif, Panglima Laot Pulau Baguk Amren T dan Direktur Bumdes Pulau Baguk Asril B, serta para istri nelayan di Pulau Baguk.

Pada kesempatan ini Dr. M. Rizal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan program hibah Kemenristek Dikti, mahasiswa akan mengabdi di masyarakat pulau banyak tepatnya di Pulau Baguk, untuk membina ibu ibu PKK dalam pengembangan produk hasil perikanan dari yang tidak bernilai menjadi produk yang sangat bernilai, seperti pembuatan abon ikan, steak ikan dan ampla atau kerupuk Ikan.

“Harapan dari kegiatan ini adalah produk yang dihasilkan nantinya bisa dijadikan oleh oleh bagi pengunjung atau wisatawan yang akan berkunjung ke pulau banyak, dengan sasaran menjadi Desa Enterpreneur,” jelas Dr. M. Rizal

Dekan FPIK, Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise., M.Sc., IPU menyampaikan mahasiswa memiliki hak untuk mengikuti program kampus merdeka yang dapat dimanfaatkan juga oleh masyarakat di daerah daerah yang tepat sasaran.

Program Kampus merdeka ada 8 yaitu ; Pertukaran pelajar, Magang, Asistensi mengajar di sekolah, Proyek Kemanusiaan, Studi Independen dan KKN Tematik. Pihak Masyarakat dapat mengajukan salah satu program tersebut atau ikut berpartisipasi dalam program kampus merdeka. Program PPK Ormawa merupakan implementasi dari program kampus merdeka bagi mahasiswa.

Kecamatan Pulau Banyak merupakan salah satu pulau yang selalu dikunjungi oleh Dosen dan Mahasiswa FPIK Universitas Teuku Umar, dalam berbagai event seperti kedaireka, Liga PKKM dan hibah hibah yang dimenangkan dan direalisasikan di Pulau Banyak,  sehingga pulau banyak tidak asing bagi civitas akademika Fakultas Perikanan Universitas Teuku Umar.

Secara umum Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan siap membantu Kecamatan Pulau Banyak dalam pengembangan ekonomi dan masyarakat ibu ibu nelayan sehingga menjadi desa wisata dan mandiri.

Sementara itu Camat Pulau Banyak, Mukhlis, S.STP menyampaikan peran Universitas sangat penting dan sangat diharapkan, namun Camat masih sangat berharap untuk terus dilakukan di pulau banyak terutama dengan tema tema untuk menyelesaikan problem di kepulauan, seperti antisipasi terhadap kondisi cuaca, alat tangkap, sustainable sumberdaya ikan yang ada, sehingga Pulau Banyak dapat menjadikan pusat ekspor ikan hidup seperti yang pernah terjadi pada tahun 1990.

Kegiatan penandatanganan ini juga dilanjutkan dengan sosialisasi dan bimbingan teknis pada hilirisasi produk olahan ikan kepada Ibu-ibu Nelayan, yang disampaikan oleh Narasumber dari Dosen FPIK Universitas Teuku Umar yaitu Akbardiansyah, S.Kel., M.Si  dan Ikhsanul  Khairi, S.Pi., M.Si sehingga ibu ibu dapat membuat poduk menjadi nilai tambah dalam pengembangan perekonomian di pulau banyak. (Humas UTU)