MEULABOHUTU | Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar kembali mengepakkan sayapnya untuk terus berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), kolaborasi riset dan peningkatan kerja sama luar negeri.

Kali ini, FKM UTU menggelar kegiatan ilmiah skala internasional the 4th International Conference on Public Health (ICPH) dengan mengangkat tema “In The Face of Turmoil: The Importance of Prioritizing Public Health for a Better World”.

Konferensi internasional ini digelar selama dua hari, yaitu pada Kamis-Jum’at 26-27 Oktober 2023 di Aula GKT, Kampus UTU, Alue Penyareng, Aceh Barat.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si yang hadir untuk membuka kegiatan ini mengatakan, ICPH adalah konferensi internasional lintas disiplin ilmu yang cukup bergengsi.

Konferensi ini menghadirkan para peneliti dari berbagai latar belakang disiplin ilmu, seperti sains, teknik, komputer, teknologi, ekonomi, ilmu sosial, dan humaniora untuk menyebarluaskan gagasan dan inisiatif mereka yang terkait dengan penelitian tentang kesehatan masyarakat dan kedokteran.

Prof. Dr. Ishak Hasan menilai, konferensi ini merupakan forum yang efektif bagi para akademisi untuk mempresentasikan pemikirannya. Sekaligus bersama-sama mendiskusikan isu-isu terkini. Dengan prespektif yang beragam, diharapkan bisa menemukan solusi yang paling efektif dan ide-ide baru untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul didalam masyarakat.

“Melalui konferensi ini, para peserta bisa bertukar gagasan. Kita berharap semua orang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini sehingga mereka bisa menerapkannya di manapun mereka berada,” ujar Rektor UTU

Ketua Panitia ICPH 2023, Dr. Kiswanto, M.Si dalam laporannya mengatakan konferensi internasional ini dilaksanakan secara hybrid dengan menampilkan sejumlah paper yang berasal dari Romania, United Kingdom, Malaysia dan Philipina serta berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya semua paper tersebut  dipresentasikan oleh peserta pada sesi seminar dan panel (plenary session).

Kiswanto juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mempersiapkan ICPH4. Beliau berharap kegiatan ini akan berdampak pada peningkatan pemahaman dan informasi kepada para peserta mengenai isu-isu kesehatan.

Hadir sebagai narasumber yakni Prof. Giurgiulescu Liviu-Laurentiu (Technical University of Cluj Napoca, Romania); Prof. M. Rizal M. Damanik, DVM, MRepSc, Ph.D (Deputy for Training Research and Development of National Population and Family Planning Board (BKKBN) Indonesia); Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS (IPB University); Assoc. Prof. Bimali Indrarathne, Ph.D (University of York, United Kingdom); Assoc. Prof. Dr. R. Zirwatul Aida R Ibrahim (University Malaysia Terengganu, Malaysia) dan Dr. Joel Rey U. Acob (Visayas State University, Philippines).

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UTU Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.PH menjelaskan ICPH merupakan seminar internasional yang keempat kali  diadakan oleh FKM UTU.

Adapun tujuan konferensi sebagai ruang untuk   menyediakan wadah bagi para peneliti dan edukator untuk menyebarkan dan saling bertukar informasi mengenai hasil-hasil penelitian dan kajian tentang berbagai aspek dalam bidang kesehatan masyarakat.

Seminar internasional yang dimoderatori oleh Veni Nella Syahputri, S.Pd., M.Pd ini juga dibarengi dengan oral presentation dan poster presentation. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan optimalisasi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan masyarakat.

Mampu memberikan implikasi untuk memperkuat  tenaga kesehatan masyarakat, meningkatkan pengawasan penyakit menular, serta lebih siap menangani krisis kesehatan ke depan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).