MEULABOHUTU | Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar (UTU) sukses menyelenggarakan yudisium ke-19 sarjana ekonomi sebanyak 114 orang. Seremoni tersebut dilangsungkan di aula Gedung Kuliah Terintergasi, kampus UTU, Alue Peuyareng, Selasa (20/02/2024).

Turut hadir dalam kegiatan yudisium tersebut Wakil Dekan 1 FE Zainal Putra, S.E., M.M, Wakil Dekan II Ika Rahmadani, S.E., M.Si., Ak, Koordinator Pokja Akademik dan Kemahasiswaan, Malahayati Ivonna, S.T.,M.A.P, Koordinator Pokja Umum dan Keuangan, Teuku Adelansyah, SE, Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan Dr. Helmi Noviar, SE, M.Si, Ketua Prodi Manajemen Muzakir, S.E, M.Sc, Ketua Prodi Akuntansi Sari Maulida Vonna, S.E., M.Si, Kaprodi Bisnis Digital Tamitha Intassar Husen SE., MBA, serta para sekretaris prodi, para dosen dan tenaga kependidikan lingkup FE.

Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Hamdi Harmen SE MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa peserta yudisium berasal dari tiga program studi, yaitu S1 ekonomi pembangunan 17 orang, S1 manajemen 39 orang, dan S1 akuntansi 59 orang. Selain itu, dilaporkan juga bahwa rata-rata lama studi 4,5 tahun, dan rata-rata IPK 3,56. Adapun mahasiswa yang lulus dengan predikat cum laude sebanyak 47 orang.

Sesuai tata tertib, yudisium Fakultas Ekonomi UTU digelar dalam rapat senat terbuka yang dipimpin oleh Mahrizal SE MSi selaku ketua senat, dan dihadiri oleh seluruh anggota senat fakultas tersebut.

Sekilas informasi, yudisium adalah pengukuhan kelulusan terhadap mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya. Yudisium merupakan tanda bahwa mahasiswa telah lulus menjadi seorang sarjana. Acara seperti ini biasanya dilakukan oleh setiap fakultas. Setelah yudisium dilanjutkan dengan kegiatan wisuda yang diselenggarakan oleh universitas secara massal.

Berdasarkan catatan, Fakultas Ekonomi UTU telah berhasil meluluskan 1.464 sarjana ekonomi terhitung sejak perguruan tinggi tersebut masih berstatus swasta.

Berdasarkan data yang diterima humas, lulusan terbaik dengan IPK tertinggi mewakili prodi yaitu M Sarna (IPK 3,96) dari Prodi Manajemen dan Oni Sabhirah dengan IPK 3,84 dari prodi S1 Akuntansi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)