MEULABOH – UTU Kantor Pelayanan Pajak Pratama Meulaboh pada Kamis (30/3/2023) lalu membuka layanan konsultasi pajak PPh 21 di pelataran Fakultas Ekonomi, Gedung Kuliah Terintegrasi Kampus UTU. Layanan konsultasi ini untuk membantu para dosen dan tenaga kependidikan  dalam melakukan pelaporan SPT Tahunan.

Ketua Jurusan Akuntansi, Ika Rahmadani S.E., M.Si., Ak mengatakan bahwa layanan Pojok Pajak ini untuk bertujuan membantu para Dosen dan Tenaga Kependidikan dalam melakukan pelaporan SPT Pajak Tahunan, dan Pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Wajib Pajak (WP).

“kami sangat terbantu dengan adanya Pojok Pajak tersebut. Apalagi bantuan yang diberikan mulai dari konsultasi pengisian, aktivasi EFIN hingga konsultasi pendaftara NPWP bagi yang belum memilikinya,” jelasnya

Layanan ini hadir merupakan tindak lanjut dari pengukuhan 145 Relawan Pajak oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Aceh pada Selasa, 07 Februari 2023 di Gedung D lantai 5 Gedung Keuangan Negara Banda Aceh yang lalu, yang termaktub pada Nota Dinas Direktur P2Humas Nomor ND-2369/PJ.09/2022 tanggal 12 Desember 2022, tentang kegiatan yang akan dilakukan oleh para Relawan Pajak yaitu Asistensi SPT Tahunan dan Sosialisasi Mandiri.

145 Tenaga yang diturunkan dalam program ini adalah para Mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Aceh, dan diantaranya 9 relawan dari Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar.

Mahasiswa yang tergabung dalam program relawan pajak ini juga merupakan Mahasiswa yang ikut dalam program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang nantinya akan dilakukan konversi mata kuliah sesuai dengan ketentuan program MBKM. Selain pengakuan satuan kredit semester (sks) bagi mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran di luar perguruan tinggi melalui program MKBM, Mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang berharga dalam menjalankan program ini.

Sementara Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si berterima kasih kepada Kanwil DJP Aceh dan KPP Meulaboh yang telah mendukung kegiatan Tax Center UTU. “Saya sampaikan terima kasih atas kemitraan strategis DJP dan KPP Meulaboh yang telah menyediakan pojok pajak di UTU.

“Mudah-mudahan upaya-upaya ini menjadi bagian dari komitmen UTU untuk mendorong seluruh warganya menjadi warga yang taat pajak untuk membangun Indonesia maju,” harapnya. (Humas UTU).