MEULABOHUTU | Nama Universitas Teuku Umar bergema megah di Ballroom Hotel ZHM Premier, Kota Padang, Sumatera Barat tempat berlangsungnya kegiatan konferensi internasional, IAPA Annual International Conference tahun 2023 yang berlangsung pada tanggal 26-28 Oktober 2023.

Dua orang dosen Universitas Teuku Umar berhasil mendapatkan award sebagai Best Paper dalam kegiatan tersebut, mereka adalah Dr. Ikhsan, M.I.P dan Dr. Vellayati Hajad, MA, dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar.

Artikel mereka yang berjudul “The Politics of Waste: How Does Fast Fashion Affects Environment and Poor Societies?” berhasil meyakinkan reviewer dan editor jurnal dalam seleksi ketat Bersama 224 artikel lainnya dan mendapat kesempatan untuk dipublikasikan di Jurnal Internasional terindeks Scopus Bereputasi.

Sebagaiaman informasi, IAPA Annual International Conference tahun 2023 mengangkat tema “New Public Governance: Reflection to Administrative Science”. Internasional Conference ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Indonesian Association of Public Administration (IAPA) dan Universitas Andalas.

Kegiatan konferensi internasional yang dilaksanakan oleh IAPA tahun 2023 ini bertujuan untuk menjaring ide, inovasi, dan penemuan terbaru dalam bidang administrasi publik yang mampu mendorong tata pemerintahan yang gesit (agile government), seperti disampaikan oleh Presiden of IAPA, Prof. Dr. Agus Pramusinto, M.DA dalam sambutannya di kegiatan konferensi internasional IAPA.

Kegiatan konferensi internasional IAPA tahun 2023 diikuti oleh 224 ilmuan di bidang Administrasi Publik, Ilmu Politik, dan Pemerintahan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan konferensi internasional ini juga diikuti oleh peserta internasional dari Korea Selatan, Malaysia, Belanda, dan Afrika Selatan.

Selain itu, kegiatan konferensi internasional yang dilaksanakan oleh IAPA juga turut mendatangkan para chief editor jurnal terindeks internasional scopus dan juga terindeks Sinta 2 untuk menjaring artikel terbaik dari konferensi yang kemudian akan dipublikasikan di jurnal mereka.

Dr. Vellayati Hajad yang dihubungi oleh dewan redaksi utu.ac.id membenarkan bahwa artikel yang telah dipresentasi di IAPA International Conference mendapatkan awards sebagai best paper dan akan dipublikasikan di Jurnal Internasional terindeks Scopus Bereputasi.

“kegiatan konferensi internasional ini sangat penting untuk diikuti oleh dosen karena sangat efektif dalam memperkenalkan dan meningkatkan reputasi akademik Universitas Teuku Umar di tingkat nasional dan internasional” jelas Dr. Vellayati Hajad

Selain juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang trend riset terkini dan mendekatkan dengan jurnal tujuan publikasi dari hasil riset yang telah dilakukan. Sehingga, dia berharap semua dosen Universitas Teuku Umar dapat terus mengikuti kegiatan seperti ini di masa depan. (Humas UTU).