MEULABOH – UTU | Dosen English Language Department, Shahid Sadoughi University (SSU), Iran, Amin Dehghan. PhD., memberikan kuliah tamu daring di Prodi Bahasa dan Kebudayaan Inggris (BKI) UTU pada kelas Vocabulary Enrichment dan Basic Grammar pada Selasa, 15 Oktober 2024. Kuliah tamu dengan mengundang dosen luar ini merupakan yang pertama dilaksanakan Prodi BKI.

Amin menyampaikan materi berjudul “Mastering Strategies in Learning English Vocabulary and Grammar” yang membahas mengenai strategi mempelajari kosakata dan tata bahasa dalam Bahasa Inggris. Ia memberikan beberapa strategi yang dapat digunakan pelajar seperti Socio-Affective strategies (pelibatan orang lain) dan Metacognitive strategies (pembelajaran mandiri).

Kuliah tamu ini dimoderatori oleh Veni Nella Syahputri, M.Pd. dan dihadiri oleh Ketua Prodi BKI, Refanja Rahmatillah, M.App.Ling, pengampu MK Vocabulary Enrichment dan Basic Grammar serta dosen Prodi BKI lainnya. Kelas ini diikuti oleh mahasiswa Prodi BKI, UKM Bahasa, dan mahasiswa lain yang tertarik dengan Bahasa Inggris.

Para mahasiswa terlihat antusias menyimak penyampaian Amin meski terkadang mengalami kendala pemahaman bahasa. Begitu pula dengan para dosen yang antusias bertanya mengenai strategi yang cocok diterapkan di kelas dalam mengajar vocabulary dan grammar.

Amin, setelah acara, menyampaikan bahwa ia merasa terhormat dapat menyampaikan materi ke mahasiswa dan dosen Prodi BKI UTU. Ia berharap akan ada kolaborasi lain ke depan antara Prodi BKI UTU dan English Language Department, SSU, Iran.

Sementara itu, Refanja, selaku Kaprodi BKI UTU, juga mengharapkan hal yang sama dan mengarahkan dosen di prodinya untuk bisa menjalin kerja sama dengan kenalan di universitas luar negeri untuk mengadakan kegiatan kuliah tamu serupa. “Kita targetkan minimal 1 pertemuan dalam tiap MK Prodi diisi oleh dosen luar negeri agar mahasiswa kita memiliki pengetahuan wawasan global”, tuturnya. (Humas UTU).