MEULABOHUTU | Program Studi Sumber Daya Akuatik (SDA) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk sosialisasi peduli lingkungan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMKN 1 Meureubo, Sabtu (4/11/2023).

Nabil Zurba, S.Pi., M.Si menjelaskan kegiatan Sosialisasi ini juga merupakan sarana sosialisasi program studi untuk meningkatkan animo masyarakat dalam memilih program studi Sumber Daya Akuatik.

“Selain itu, program ini juga merupakan bentuk nyata dari penerapan tridharma perguruan tinggi yang pada akhirnya diharapkan dapat berkontribusi bagi peningkatan akreditasi program studi,” harap Nabil

Ia mengatakan program Studi SDA dapat dijadikan sebagai pondasi utama dalam penyiapan Sumber Daya Manusia di bidang sumber daya perairan yang potensinya luar biasa tersedia di kawasan barat selatan Aceh.

Selain itu, program studi SDA juga diharapkan dapat mampu memberikan pendidikan dan pengalaman lapangan secara riil kepada para mahasiswa sehingga dapat berkontribusi aktif dalam pengembangan Sumber Daya Perairan di Aceh.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh sejumlah mahasiswa SDA UTU itu juga turut disampaikan materi oleh dosen SDA lainnya, Faliqul Isbah, S.Kel., M.Si. Ia mengungkapkan kegiatan bersifat edukatif tersebut ditujukan kepada generasi muda untuk mempengaruhi pola pikir mereka dalam melestarikan sumber daya alam.

“karena dengan kemampuan berpikir yang kritis dan dengan pembekalan ilmu dari perguruan tinggi maka akan menciptakan aksi dan tindak lanjut dari siswa/i yang dimasa mendatang sebagai calon stakeholder  dalam mengambil kebijakan dalam pengelolaan sumber daya alam,” kata Faliqul Isbah

Sementara itu Kepala SMKN 1 Meureubo Fauziah, S.Pd,. M.Pd dalam kesempatannya mengucapkan terimakasih kepada Prodi Sumber Daya Akuatik Universitas Teuku Umar yang telah menjadikan Sekolahnya sebagai tempat sosialisasi. “Ini merupakan momentum yang baik bagi akan-anak kami mendapatkan penjelasan tentang Prodi SDA dengan berbagai program unggulannya,” kata Fauziah

Lanjutkan, dari kegiatan ini diharapkan para siswa di SMKN 1 Meureubo mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga terutama dalam hal kepedulian lingkungan dan terkait potensi ekosistem mangrove dan terumbu karang. (Humas UTU)