MEULABOHUTU | Komando Resimen Mahasiswa (Menwa) 112/Johan Pahlawan Universitas Teuku Umar menggelar Kegiatan Pra Pendidikan Dasar Militer (PRA-DIKSARMIL) Wura XIII Tahun Angkatan 2024.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar, H. Ibrahim Laweung, HS, SKM., MNSc, pada Jum’at (25/10/2024) di Lapangan Upacara Rektorat Kampus UTU, Meulaboh.

Turut hadir di acara pembukaan Bupati Aceh Barat yang diwakili Plt. Kadis Pendidikan Aceh Barat Abdurrani, M.Pd, Dandim 0105/Aceh Barat yang diwakili Danramil 07/JP Kapten Inf. Herinizal, Kapolres Aceh Barat yang diwakili Kapolsek Meureubo, AKP Agus Purwanto.

Warek III UTU turut didampingi Kabiro AKK Rinaldi Iswan, ST., M.Sc dan Koordinator Pokja Prestasi dan Informasi, Biro AKK Muhammad Idris, S.Pd., M.Pd. Adapun terdapat sebanyak 16 peserta calon Menwa yang mengikuti Pradiksarmil 2024 dari berbagai program studi di lingkup Universitas Teuku Umar.

Dalam sambutannya, Ibrahim berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi lembaga pendidikan dan masyarakat. Ia mengingatkan para senior untuk berperan aktif dalam mendampingi dan memberikan saran selama pelaksanaan kegiatan ini.

“Pengkaderan merupakan hal yang wajib bagi setiap anggota Menwa. Tanpa pengkaderan, organisasi akan mengalami stagnasi,” tegasnya.

Kegiatan ini sangat berguna bagi calon anggota Resimen Mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam bela negara maupun kedisiplinan, serta dapat menjadi teladan dalam kehidupan akademik diperguruan tinggi, serta sebagai modal pribadi yang lebih baik dan berguna.

Ibrahim juga mengingatkan peserta untuk memperhatikan aspek-aspek yang dapat dan tidak dapat dilakukan dalam proses pengkaderan ini. Ia menambahkan, “Semua kegiatan PRA-DIKSARMIL ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan memberikan kontribusi yang berarti bagi lembaga kita serta lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujar Ibrahim

Ibrahim menekankan pentingnya menjaga profesionalitas anggota Menwa di lingkungan UTU. Ia berharap melalui kegiatan PRA-DIKSARMIL ini menjadi langkah awal yang baik dalam mencetak kader-kader yang berkualitas dan berkontribusi bagi masyarakat. (Humas UTU).