MEULABOHUTU | Pada hari kamis tanggal 25 Juli 2024 bertempat di Universitas Gajah mada telah dilaksanakan penandatangan Kesepakatan kerja sama antara Tim Perguruan tinggi Sebagai pendamping dan Tim pelaksana Perguruan Tinggi tentang pelaksanaan Program Kosabangsa.

Dari Universitas Gajah Mada yang diwakili Oleh Dr.Eko Agus Suyono, S.Si, M,App.Sc Selaku ketua pendamping Program Kosabangsa yang bersangkutan adalah dari prodi Biologi Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada dan Dari Universitas Teuku Umar adalah Herri Darsan, ST,.MT Dosen Program Studi Teknik Mesin selaku ketua pelaksana atau pengusul program kosabangsa.

Sebelumnya Herri Darsan telah mengajukan proposal ke Direktorat jenderal pendididkan Tinggi (Dikjen Diktiristek) dengan judul proposal “Pemberdayaan Masyarakat dalam Mitigasi bencana dan penerapan tehnologi penglohan sampah untuk kemandiran ekonomi serta pariwisata di Pulau Simeulu, Aceh”.

Dr. Eko Agus Suyono pada saat penandatangan tersebut menyampaikan bahwa Program Kosabangsa (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat) adalah inisiatif yang didanai oleh Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi ( Ditjen Diktiristek), Yang bertujuan untuk menjembatani kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat.

“Program ini memfokuskan pegembangan dan penerapan Ilmu pengetahuan, teknologi, serta inovasi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk mengatasi masalah social di wilayah dengan kemiskinan ekstrem atau rawan bencana,” kata pak Eko.

Kemudian beliau mengatakan bahwa program kolaborasi Membangun Masyarakat (Kosabangsa) yang digagas oleh Universitas Gajah Mada dan beberapa perguruan tin ggi laiinya, termasuk Dosen dari Universitas Teuku Umar, Yang merupakan bagian dari upaya meningkatkan pemberdayaan Masyarakat. Kami dari UGM merupakan sebagai Mitra Pendamping untuk membantu Implementasi di Lapangan.

Sementara Herri Darsan selaku Tim pelaksana di Universitas Teuku Umar mengatakan Program Kosabangsa memfokuskan diri pada daerah-daerah tertinggal dan wilayah yang menjadi priotas penghapusan kemiskinan ekstrem.

Salah satu tujauan Utama adalah adalah agar perguruan tinggi bisa menerapkan hasil riset dan inovasi, bukan hanya untuk meningkatkan reputasi akademis, tetapi juga memberiakan Manfaat langsung kepada Masyarakat dalam aspek Pendidikan, ekonomi, dan kesejahtateraan soaial.

Lebih lanjut beliau mengatakan dan berterimasih kepada UGM yang telah membantu kami dimana UGM adalah selaku pendamping yang lebih berpengalaman dapat memdukung kami selaku pelaksana untuk memperkuat dampak program dalam membantu, Masyarakat setempat terutama di Pulau Simelue Propinsi Aceh, kata nya dalam mengakhiri Kata sambutan. (Aduwina Pakeh).