MEULABOHUTU |Ratusan mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) yang tertarik melanjutkan studi ke luar negeri tampak antusias mendengarkan pemaparan informasi di acara Sharing Session Studying in 3 Continents. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Cut Nyak Dhien, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Senin (4/3/2024).

UTU melalui Center of International Affairs (CIA)  menjembatani kegiatan tersebut, agar minat kuliah ke luar negeri. Korpus CIA UTU Refanja Rahmatillah, M.App.Ling, meminta mahasiswa UTU yang menaruh minat, untuk mempersiapkan rencana studi dan mempelajari trik. CIA siap membantu semaksimal mungkin.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua LPPM PMP yang diwakili Sekretaris LPPM PMP Heri Darsan, S.T., M.T. Dalam sambutannya, Heri menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan bagus bagi mahasiswa dan pihak yang ingin melanjutkan kuliah di universitas-universitas terbaik di 3 Benua.

Ketika kita mendengar kata studi ke 3 benua, hal-hal yang akan terlintas dalam pikiran kita adalah kesempatan mengunjungi Negara-negara maju dengan perkembangan peradaban pendidikan yang luar biasa dengan kampus-kampus hebat dan terkemuka. Untuk itulah, dirinya mengharapkan untuk memanfaatkan kesempatan kegiatan ini sebaik mungkin.

“Ini adalah kesempatan yang baik untuk menghubungkan pendidikan luar negara  dengan UTU. Tentu saja, ini adalah koneksi yang bisa memberikan banyak manfaat”, ucapnya.

Kegiatan shering session ini menghadirkan tiga narasumber mewakili alumni dari 3 kampus hebat dari 3 benua berbeda, yaitu Ana Fitria, S.E., M.Sc., RSA (Alumni University of Salford, United Kingdom) yang kini sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi UIN Ar-Raniry.

Berikutnya Sabrina, S.Pd., M. AppLing., M.Tran, Alumni University of New South Wales, Austria (Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Serambi Mekkah) dan Siti Aminah, S.IP., M.MLS (Central China Normal University, China) selaku Direktur International Scholarship Partner, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kegiatan Sharing Session Studying in 3 Continents yang dimoderatori oleh Tamitha Intasaar Husein, S.E., M.B.A ini bertujuan untuk membuka jalan dan memberikan informasi-informasi penting bagi mahasiswa-mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Negara-negara dari 3 Benua untuk jenjang yang bervariasi, S1, S2, ataupun S3. (Aduwina Pakeh / Zulfikar).