MEULABOHUTU | Komitmen Universitas Teuku Umar sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dalam bidang agro and marine industri dibuktikan dengan keberhasilan mahasiswa Himakesmas UTU melakukan panen raya perdana hasil Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) di lahan gampong Purwodadi, Kuala Pesisir Nagan Raya pada 28 Agustus 2023.

Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Camat kecamatan Kuala Pesisir, Edi Kamal, S.Sos.I yang turut memanen sejumlah jenis sayuran.

Ketua tim PPK Ormawa Himakesmas UTU Ladani mengatakan, panen pertama ini merupakan bagian dari program kerja tim PPK Ormawa Himakesmas UTU dengan  program pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari Desa (KRPLD) yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang agribisnis.

Meski baru panen pertama, hasil panen mahasiswa sangat memuaskan. Sejumlah jenis sayuran yang meliputi Tanaman Kangkung, Bayam hijau dan Bayam Merah.

Proses tanam sayur sayuran ini dimulai beberapa tahap dengan memanfaatkan lahan tidur yang tersedia di gampong Purwodadi.

Tahap awal pengelolaan lahan sudah dimulai pada Juli 2023 lalu. Mahasiswa bersama-sama membersihkan lahan dan membuat bedeng. Mereka menggunakan pupuk kandang untuk menjamin kesuburuan tanah.

Setelah satu bulan proses pengelolaan lahan, sayuran organik mulai ditanam. Selain kangkung dan bayam, pihaknya juga menanam pakcoy, cabe, sawi, dll,” kata Ladani

Sementara itu Yarmaliza, SKM., M.Si selaku dosen pendamping kepada Humas UTU menyebutkan sejauh ini pelaksanaan program kerja PPK Ormawa Himakesmas UTU di desa Purwodadi berjalan dengan baik dan lancar.

Hari ini, kita ikut serta dalam aksi panen perdana di kawasan rumah pangan lestari desa. “Disini telah di tumbuhi aneka sayuran dan tumbuhan, seperti bayam, kangkung, cabai, terong, dan tumbuhan lainnya sebagai apotik hidup,” kata Yarmaliza

Kegiatan ini adalah bagian dari alternatif lain dalam menggunakan atau pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan, guna pemenuhan kebutuhan pangan, gizi keluarga.

Yarmaliza menambahkan penanaman sayuran organik ini merupakan langkah awal UTU dalam mengkampanyekan ketahanan pangan ditingkat desa dan semoga upaya ini bisa menjadi contoh kongkrit dalam upaya mendukung terciptanya lingkungan hijau, sehat demi kehidupan yang layak.

“Pada awal september mendatang juga akan diadakan panen kembali, diantaranya untuk pakcoy, cabe dan sawi.” pungkas Yarmaliza yang juga Korpus PKM UTU

Selain camat, turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu PKK kecamatan Kuala Pesisir, Keuchik Purwodadi,  Ibu2 PKK desa Purwodadi, para masyarakat desa, Tim pelaksana PPK Ormawa Himakesmas FKM UTU, Dosen Pembimbing (Yarmaliza) dan Perwakilan Ormawa Himakesmas FKM UTU (Aduwina Pakeh / Wardah /Humas UTU).