MEULABOHUTU | Forum Wakil Rektor Bidang Kerjasama Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Wilayah Barat menggelar rapat kerja khusus pada 24 – 26 November 2023. Rapat kerja konsorsium kerjasama riset dan Abdimas ini berlangsung di Universitas Teuku Umar, Alue Penyareng, Aceh Barat.

Sebanyak 17 pimpinan PTN Wilayah Barat yaitu para Wakil Rektor bidang kerjasama hadir untuk membahas isu-isu kekinian soal pendidikan tinggi dalam rangka menyusun program untuk kemajuan bersama.

Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan dalam sambutan pembukaannya mengapresiasi raker konsorsium PTN Wilayah Barat dan berterima kasih karena UTU dipercaya sebagai tuan rumah. Rektor berharap, ada banyak output yang bermanfaat dihasilkan dalam raker khusus tersebut.

Prof Ishak Hasan menyampaikan misi utama Perguruan Tinggi adalah mengajarkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan terbaik untuk mengisi berbagai peran dalam  proses pembangunan Bangsa.

“Salah satu kunci untuk mewujudkan misi itu adalah adanya daya dukung yang optimal dalam menunjang terjadinya, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” Sebutnya

Prof Ishak Hasan mengungkapkan bahwa Ilmu pengetahuan tidaklah bersifat statis, melainkan selalu dinamis serta merefleksikan apa yang menjadi  harapan dan kebutuhan.  “Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinergi atau kolaborasi dengan semua pihak yang berkepentingan. Dalam konteks itulah,  kita perlu membangun kolaborasi strategis dalam bidang riset maupun pengabdian masyarakat,” ungkapnya

Kegiatan pada pagi hari ini merupakan salah bentuk perwujudan tridarma perguruan tinggi yang dilatar belakangi dari hasil rapat forum wakil rektor bidang kerjasama badan kerjasama Perguruan Tinggi Negeri wilayah barat pada tanggal 7 juni 2023 yaitu rencana pembentukan Konsorsium Riset Badan Kerja Sama PTN Wilayah barat yang mana Alhamdulillah Universitas Teuku Umar diamanahkan sebagai tuan rumah .

Sebelumnya Wakil Rektor 1 UTU Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc selaku ketua panitia pelaksana raker konsorsium dalam penyampaiannya menjelaska pembentukan konsorsium Riset BKS PTN Wilayah Barat ini nantinya akan berfungsi sebagai wadah yang diharapkan menciptakan jaringan kerjasama yang mampu menghasilkan produk industri yang bernilai ekonomi, yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang terjadi di masyarakat sekaligus dapat memberikan sumbangsih dalam bentuk ilmu pengetahuan  lewat publikasi artikel jurnal, prosiding, buku ilmiah, book chapter dan lain sebagainya.

“Ini juga sejalan dengan visi Universitas Teuku Umar yaitu menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis disektor industri berbasis agro and marine (Agro and Marine Industry) diperingkat Regional (2025), Nasional (2040), dan Internasional (2060) melalui riset yang inovatif kreatif dan berdaya saing tinggi,” kata WR1 UTU

Sementara itu Ketua Forum Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Wilayah Barat, yang juga Wakil Rektor 4 Universitas Pembangun Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) Dr. dr. Ria Maria Theresa, SpKJ., M.H dalam sambutannya berterimakasih kepada UTU yang telah menjadi host dalam kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Alue Penyareng sehingga membawa kesan tersendiri bagi para peserta.

Melalui forum Wakil Rektor bidang kerjasama ini, pihaknya berkomitmen untuk membangun dan memperkuat kolaborasi antarperguruan tinggi sehingga tercipta inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk negeri.

 

Kolaborasi juga akan membuat perguruan tinggi di wilayah Barat saling mengisi dalam kekurangan, dan saling mendorong untuk kemajuan sehingga perguruan tinggi yang tergabung dalam BKS-PTN Barat memiliki kekuatan yang sama di segala bidang.

Rapat kerja konsorsium kerjasama Riset dan Abdimas BKS-PTN Wilayah Barat ini sendiri dihadiri Wakil -wakil Rektor dari 17 perguruan tinggi yang berasal dari wilayah barat, yakni Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Medan, Universitas Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, Universitas Palangka Raya.

IPB University, Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, ISBI Aceh, Universitas Samudra, Universitas Siliwangi, Universitas Nasional Veteran Jakarta dan Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Nampak juga hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr Nyak Amir, M.Pd, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ibrahim, MNSc, serta sejumlah pejabat fungsional UTU lainnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).