MEULABOHUTU | Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Teuku Umar kembali menyelenggarakan Public Health UTU’s National Competition atau PHUNC yang ke-4 tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 19 – 20 September 2023.

Kegiatan PHUNC’4 ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dr. T. Alamsyah, SKM,. MPH. Dalam sambutan sekaligus pembukaannya beliau menyampaikan apresiasi dan memberikan dukungan penuh kepada BEM FKM UTU karena telah melaksanakan kegiatan PHUNC’4.

Meskipun kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, namun kali ini BEM FKM UTU memiliki terobosan baru dalam pelaksanaannya. Yang mana berbagai rangkaian didalam kegiatan ini yang sangat bermanfaat, baik kepada mahasiswa/i maupun UMKM yang ikut serta dalam rangkaian kegiatan ini.

“Ini sebagai salah satu bentuk peran aktif pemuda kreatif dalam menciptakan wadah kompetisi, mengkaji penyelesaian isu terkini kesehatan masyarakat, maka sudah seyogyanya pimpinan perguruan tinggi memfasilitasi dan mensupport penuh kegiatan yang sangat inovatif ini, serta diharapkan kegiatan ini terus berlanjut di periode periode kepengurusan BEM yang akan datang,” Kata Dr. T. Alamsyah

PHUNC 4.0 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Orasi Tingkat Nasional, Lomba Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) Tingkat Fakultas, dan juga penampilan vocal solo dari mahasiswa/i FKM UTU serta ada nya hiburan dari guest star yang di undang oleh panitia. Terang Rodhatun Aslami, selaku ketua panitia kegiatan ini.

Romiliansyah, selaku ketua BEM FKM UTU menyebutkan PHUNC’4 merupakan kegiatan unggulan yang dilaksanakan setiap periode BEM FKM UTU. PHUNC’4 ini adalah kegiatan kali ke-4 yang dilaksanakan oleh BEM FKM UTU, yang berinovasi dalam penyelenggaraannya.

Pelaksanaan PHUNC’4 ini diadakan tidak hanya untuk memenuhi program kerja saja, namun tujuannya ialah membentuk jiwa kompetitif mahasiswa/i Indonesia dalam penulisan karya ilmiah dan juga orasi terkiat topik – topik terkini yang perlu diperhatikan lebih lanjut.

“Selain itu, rangkaian kegiatan kewirausahaan seperti talkshow dan festival dilaksanakan untuk membentuk mindset berwirausaha sekaligus membantu promosi produk mahasiswa/i UTU yang berwirausaha serta UMKM yang ada disekitaran kota Meulaboh. Semoga seluruh rangkaian kegiatan PHUNC’4 dapat terlaksana dengan lancar dan memiliki dampak positif bagi seluruh pihak,”. Pungkas Romiliansyah.

Sebagai informasi, BEM FKM mengadakan sejumlah event diantaranya pemilihan mahasiswa prestasi tingkat FKM UTU pada 15-20 September 2023; National Competition (Lomba KTI dan Lomba Orasi) pada 16 – 21 September 2023; dan Festival Kewirausahaan serta talkshow kewirausahaan yang berlangsung pada 19-20 September 2023. (Humas UTU).