MEULABOHUTU | Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal S.E., Anggota Komisi X DPR RI di Fraksi PPP memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Teuku Umar. Kuliah Umum bertema “Pentingnya karakter unggul bagi mahasiswa dalam memasuki dunia kerja dan wirausaha”, Senin, 09 Oktober 2023.

Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si saat membuka kegiatan dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Ibu Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal dan rombongan yang telah meluangkan waktu untuk datang ke Universitas Teuku Umar memberikan kuliah Umum bagi mahasiswa UTU. Kuliah umum ini sangat penting untuk membangun karakter kewirausahaan bagi mahasiswa.

Secara khusus Rektor menyampaikan terimakasih atas sumbangsih Hj. Illiza, atas perannya di Komisi X DPR RI di bidang pendidikan, yang telah berhasil memperjuangkan 1 unit asrama untuk mahasiswa UTU. “Alhamdulillah asramanya sudah ditempati dikhususkan untuk mahasiswi, untuk kedepan kita harapkan melalui Ibu Illiza dapat memperjuangkan kembali 1 unit asrama untuk mahasiswa putra,” harap Prof Ishak Hasan.

Rektor juga mengajak mahasiswa untuk mengubah pola pikir bahwa ketika lulus kuliah nanti akan menjadi Pegawai Negeri Sipil melainkan sedari sekarang haruslah berusaha membuat sesuatu atau membangun sesuatu yang nantinya bisa dikelola sendiri yang memberi hasil atau keuntungan.

Menurut Rektor, pada jaman sekarang mahasiswa harusnya lebih berkompetisi untuk membuat hal-hal yang baru, membangun usaha sendiri yang nantinya jika setiap lapangan pekerjaan sudah penuh kita mampu bertahan dan berlomba di Era Revolusi Industri 4.0

Selain itu, Rektor juga meminta mahasiswa khususnya  penerima beasiswa KIP Kuliah agar dapat kuliah dengan sungguh-sungguh, karena mereka merupakan generasi emas yang bisa membanggakan kampus UTU dan berharap agar kita bisa bersaing dengan kampus-kampus lainnya di Indonesia.

Dalam kuliah umum yang dipandu oleh Dosen Fakultas Teknik, Ir. Sulaiman Ali, S.T., M.T ini, Hj. Illiza mengharapkan mahasiswa memiliki kemampuan individu dalam menciptakan peluang ekonomi dari sebuah ide usaha, baik skala kecil maupun skala besar. Karena itu bagi kalangan Perguruan Tinggi, kewirausahaan menjadi mata kuliah wajib agar mahasiswa mampu menemukan inovasi bisnis di masyarakat dengan dukungan aplikasi ilmu dan teknologi supermoderen.

Lanjutnya, karakter SDM yang unggul dapat diperoleh melalui kemampuan emosional dan spiritual. “Maka kepada mahasiswa harus mampu bertanggung jawab, aktif dikampus serta organisasi-organisasi kemahasiswaan serta berharap agar dosen-dosen di UTU bisa menjadi teladan bagi mahasiswa-mahasiswanya sesuai dengan Motto UTU sumber inprirasi dan referensi dalam bidang agro and marine industri”, demikian harap Ibu Illiza. (Humas UTU).