MEULABOHUTU | Sebanyak 497 wisudawan dan wisudawati Universitas Teuku Umar (UTU) resmi menyandang gelar sarjana, Sabtu (24/02/2024). Prosesi wisuda dilaksanakan di Auditorium Teuku Umar, Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT), Kampus UTU, Alue Penyareng, Aceh Barat.

Terdapat sebanyak 105 wisudawan diantaranya berhasil meraih kelulusan berpredikat pujian (cum laude). Adapun sejak wisuda angkatan pertama hingga Wisuda ke XVII, jumlah wisudawan yang telah lulus dari UTU sebanyak 8,628 orang lulusan.

Salah satu ritual tahunan dalam wisuda adalah penyerahan penghargaan kepada wisudawan terbaik dan tercepat di setiap fakultas. Wisudawan terbaik dan tercepat untuk Wisuda periode I Tahun 2024 ini sejumlah enam orang, perwakilan dari masing-masing Fakultas.

Keenam wisudawan terbaik tersebut mendapatkan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si disela-sela upacara Wisuda. Mereka turut didampingi oleh orangtua masing-masing.

Adapun keenam wisudawan terbaik tersebut adalah Shinta Riski Amanda dari Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan berhasil meraih IPK sempurna yaitu 4.00. Berikutnya M. Sarna dari Prodi Manajemen dengan nilai IPK 3,96 dan Deri Anggraini dari prodi Ilmu Kelautan, FPIK dengan raihan IPK 3,94.

Selanjutnya Delima Fitria dari Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Redha Riska Fatwati dari Prodi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat sama-sama berhasil meraih nilai IPK 3,91. Terakhir Nurul Helda dari prodi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dengan raihan IPK 3,85.

Dalam kesempatannya, Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si memgucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan terkhusus kepada para wisudawan/ti yang berhasil lulus dengan nilai indeks terbaik. “Kami berharap secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri berbasis digital saat ini, agar lulusan terus mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif,” pintanya.

Lebih lanjut, Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada para orangtua wali yang telah memberikan kepercayaan dan menitip anandanya untuk belajar di Universitas Teuku Umar, tanpa dukungan dan pengorbanan para orangtua, tentu prestasi mereka sulit didapat.

Prof Ishak Hasan juga mengungkapkan masyarakat menaruh harapan besar kepada UTU untuk mendidik dan menghasilkan para insan yang kreatif dan inovatif sebagaimana visi UTU sebagai Kampus sumber Inspirasi dan referensi, khususnya dibidang Agro and Marine Industry. Lulusan UTU yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional yang membentuk sikap dan mentalitas.

“Kami yakin lulusan UTU mampu bersaing di dunia kerja dan dapat hidup sukses yang lebih cemerlang. Karena, UTU saat ini on the track dengan kebijakan Kemendikbud Ristek dalam program Kampus Merdeka -Merdeka Belajar dengan melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja,” tambahnya.

Untuk mencapai hal tersebut, UTU sudah bekerjasama dengan banyak pemerintah daerah, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Kampus Merdeka. “Kami berharap lulusan UTU kedepan terus dapat bersaing dan tetap dinanti oleh dunia kerja,” pungkas Rektor. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).