MEULABOHUTU | Empat Tim Robot Terbang Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar  dinyatakan lolos evaluasi tahap I Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2024. KRTI merupakan ajang dirgantara bergengsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek RI. Sejak 2019, Tim KRTI UTU tidak pernah absen mengudara di event KRTI.

Keempat tim tersebut berasal dari Fakultas Teknik. Dekan Fakultas Teknik UTU, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M. Eng., IPM mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh para mahasiswanya. “Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi para tim KRTI UTU yaitu mahasiswa dan dosen pembimbing yang telah berlatih tanpa henti dalam beberapa bulan terakhir,” ujarnya

Dr. Irwansyah berharap agar para tim KRTI UTU dapat terus berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka agar dapat meraih hasil yang terbaik di babak selanjutnya. “Saya yakin dengan kerja keras dan kekompakan tim, UTU dapat meraih prestasi yang membanggakan di KRTI 2024,” harapnya.

Dr. Irwansyah menerangkan, tahun ini tim robot terbang FT UTU akan bertanding di empat divisi. Yakni di divisi Vertical Take-Off Landing (V-TOL) dengan ketua tim Khairul Adami, berikutnya divisi Racing plane (RP) dengan ketua tim Bayu Agung Pratama. Ketiga di Divisi Technology Development (TD) dengan ketua tim Fahri Dwi Alfi, dan divisi Long-Endurance Low-Altitude (LELA) dengan ketua tim Burhansyah.

Para mahasiswa tersebut dibimbing oleh tiga orang dosen yaitu Farid Jayadi S.T., M.Eng, Zakir Husin, S.T., M.T dan Syahrul Fathi, S.T., M.T.

Irwansyah tidak menyangka, kesemua tim tersebut lolos evaluasi tahap I KRTI. “Ini pertama kalinya kita mendaftarkan empat divisi sekaligus. Dan alhamdulillah keempat-empatnya lolos. Saat ini para mahasiswa didampingi dosen pembimbing sedang mempersiapkan diri ke evaluasi tahap II KRTI yang dilaksanakan Juli nanti via daring,” terangnya pada Kamis (16/5/24).

Dekan FT menargetkan, pada pertengahan Juni nanti karya-karya pesawat dari kesemua divisi yang diikuti oleh tim KRTI UTU bisa diujicoba. Kita berharap keempat divisi tersebut bisa tampil maksimal pada evaluasi tahap II KRTI atau seleksi wilayah. Sehingga bisa lolos ke tingkat nasional.

“Final KRTI 2024 di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Mudah-mudahan ke empat Tim KRTI UTU bisa lolos sampai nasional dan dapat juara,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Rektor UTU, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyatakan rasa bangganya atas prestasi para tim UTU. “Saya sangat bangga dengan semua tim UTU yang telah berhasil lolos kualifikasi KRTI. Prestasi ini menunjukkan bahwa UTU memiliki potensi besar di bidang robotika,” ujarnya.

Prof. Ishak juga berharap agar para tim UTU dapat terus berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka agar dapat meraih prestasi yang lebih gemilang di KRTI 2024. “Semoga para tim UTU dapat terus berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka agar dapat mengharumkan nama UTU kembali di kancah nasional,” harapnya. (Humas UTU).