MEULABOHUTU | Bertempat di aula Cut Nyak Dhien Gedung Terintegrasi Universitas Teuku Umar, telah dilaksanakan pembukaan pelatihan Asesor Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Teuku Umar Angkatan ke 2 dan 3, acara ini di buka oleh Rektor UTU Prof Dr. Drs. Ishak, M.Si.

Turut hadir dalam acara tersebut Ka biro AKK Rinaldi Iswan, SE, M.Sc, melibatkan 4 Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai narasumber dan penguji yaitu Darmansyah, S.T., MT, Diana Fitri, S.T., M.SI, Ir. Wachjono, M.SI dan Adri Fato, ST., MT.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 48 orang calon asesor yang tersebar dari setiap prodi lingkup UTU. Pelatihan dan rekrutmen calon asesor kembali dilaksanakan untuk mendapatkan asesor yang berkulaitas yang nantinya dapat menjadi asesor kompetensi bagi mahasiswa dilingkup UTU (LSP P1).

Berikut merupakan skema yang akan dibuka pada pelatihan dan rekrutmen calon asesor angakatan 2 dan 3 yaitu: Pemasaran digital, Junior Cyber Security, Kewirausahaan Industri, Okupasi Manajer Produksi Film, Okupasi Asisten Kebun Kelapa Sawit, Okupasi Account Executive, Okupasi Teknisi Akuntansi Ahli, Okupasi Teknisi Pembesaran Ikan Catfish, Klaster Pemantauan Aspek Biofisik, Sosial, Budaya dan Ekonomi di Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, Okupasi pemandu wisata selam, Engineer, Welding Engineer.

Selain itu Ahli Muda Perencana Beton Pracetak Untuk Struktur Bangunan Gedung, Supervisor Produksi, Manager Pengembangan Produk, Analis Sistem Informasi Geografis, Okupasi Fasilitator pemberdayaan Masyarakat, Okupasi Pemandu Wisata, Okupasi Office Manager, Okupasi Fotografer Budaya dan Wisata, Inovator Produk Makanan Baru, Konsultan pengguna Kemasan Produk IKM, Inspektor Keamanan Pangan, Okupasi Ahli Muda Higiene Industri, Okupasi Asisten Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan.

Ketua LSP UTU, Dr Uswatun Hasanah, S.Si M.Si dalam sambutannya mengatakan “ini merupakan rekrutmen kedua dan ketiga Asesor, para calon asesor akan dilatih dan di uji sehingga memiliki unsur dasar dalam menjadi asesor yaitu Metodelogi asesmen, Merencanakan Asesmen, Melaksanakan Asesmen, memberikan kontribusi dalam validasi asesmen”. Sejalan dengan pendapat dari ketua LSP, perwakilan asesor yaitu Ir. Wachjono, M.Si mengatakan “kami akan memberikan support segala kegiatan di UTU terutama kegiatan LSP, dalam peningkatan kualitas lulusan UTU serta kualitas dosen sebagai asesor”.

Rektor UTU Prof Dr. Drs. Ishak, M.Si pada pembukaan acara mengatakan “kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena dapat memberikan dampak yang baik secara signifikan kepada UTU yaitu peningkatan kualitas dosen dengan menjadi asesor, mengembangkan kompetensi lulusan agar dapat meningkatkan kualitas dari universitas dan mampu bersaing dengan universitas lain” ujar Prof Ishak seraya membuka acara pelatihan. (Humas UTU).