MEULABOH – UTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT- UTU) menyelenggarakan acara seremonial beserta seminar “2nd Virtual Engineering, Science & Technology Innovation Competition 2024” atau 2nd VESTIC 2024 yang merupakan tahun kedua dalam pelaksanaannya pada hari Selasa 15 Oktober 2024.

Kompetisi inovasi ini merupakan wadah bagi siswa, mahasiswa dan umum untuk mengasah kreativitas dan kemampuan dalam bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM). Kompetisi ini terdiri dari dua kategori peserta lomba, yaitu kategori siswa SMA/MA/SMK sederajat, dan kategori mahasiswa dan umum. Total hadiah yang diperebutkan yaitu sebesar Rp. 10.000.000,-.

Kompetisi ini telah menerima materi lomba dalam bentuk video dan PPT sejak tanggal 16 mei hingga 30 september 2024, dan kemudian direview oleh para reviewer mulai dari tanggal 1 oktober hingga 8 oktober 2024. Adapun tiga reviewer yang dilibatkan dalam menilai materi video dan PPT yang masuk, yaitu Irwandi, S.Si, M.Si, Ph.D dari Univesitas Syiah Kuala, Ir. Indra Setiawan, S.T., M.T., dari Polikteknik Astra, dan Fadly Octora, S.T. dari Dinas PUPR Aceh Barat.

Acara 2nd VESTIC 2024 turut di hadiri Rektor UTU yang diwakili oleh wakil rektor 3 yaitu Ibrahim, SKM., MNSc, Dekan FT-UTU, Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM, para Dekan Lingkup UTU, Kajur dan Sekjur lingkup FT-UTU, serta para tamu undangan.

Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM, Dekan Fakultas Teknik UTU, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas penyelenggaraan kompetisi VESTIC. Beliau melihat VESTIC sebagai ajang yang sangat potensial untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi di kalangan siswa dan mahasiswa, dan berharap ke depannya, peserta VESTIC tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga dapat menarik minat peserta dari berbagai belahan dunia. Hal ini akan semakin memperkaya pertukaran ide dan pengetahuan.

Wakil Rektor III UTU dalam sambutannya menilai bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (STEM) adalah kunci kemajuan suatu bangsa. Melalui kompetisi ini, kita bersama-sama mendorong generasi muda untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam memajukan bidang STEM. Beliau juga mengapresiasi semangat dan kreativitas yang telah ditunjukkan oleh seluruh peserta.

Turut pula dalam acara ini disampaikan materi berupa paparan seminar oleh Irwandi, S.Si, M.Si, Ph.D. Beliau merupakan Kepala Pusat Riset Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Universitas Syiah Kuala (USK). Dalam seminar ini, materi yang disampaikan berupa STEM.

Dalam paparannya, STEM tidak hanya sekedar materi pembelajaran, tetapi juga sebuah metode yang mengajak kita untuk aktif berpikir, bereksperimen, dan menemukan solusi atas permasalahan nyata. Dengan STEM, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna, karena kita diajak untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara langsung.

Pada akhir acara, dilakukan pengumuman pemenang kompetisi VESTIC 2024. Juara pertama kategori siswa SMA/MA/SMK sederajat, diperoleh oleh Syaikhul Akbar dan kawan-kawan yang berasal dari SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh. Juara kedua diperoleh oleh Zahra Thusita Dhia dan kawan-kawan yang berasal dari SMAN 7 Banda Aceh, dan juara ketiga diperoleh oleh Kayla Rifan dan kawan-kawan yang berasal dari SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh.

Sedangkan pada ketegori mahasiswa dan umum, juara pertama diperoleh oleh Zahratul Dwi Safrina dan kawan-kawan yang berasal dari Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Juara kedua diperoleh oleh Teuku Muslir dan kawan-kawan yang berasal Prodi dari Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, dan juara ketiga diperoleh oleh Citra Srikandi yang berasal dari Prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas teuku Umar. Seluruh pemenang mendapatkan uang tunai, plakat penghargaan beserta sertifikat pemenang. (Humas UTU).