MEULABOHUTU | Dalam rangka memperkuat kerja sama di Bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat LPPM – PMP UTU dan LPPM Universitas PATTIMURA Ambon telah menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) pada tanggal 24 Agustus 2024.

Penandatangan tersebut berlangsung di LPPM
Universitas Pattimura Ambon. Kesepakatan kerja sama ini mencakup berbagai bidang diantaranya bidang :
1.Pendidikan, Penelitian,Pengembangan,Pengabdian dan penyuluhan dengan berkontribusi sesuai kompetensi yang ada untuk meningkatkan daya saing daerah;
2. Pemasyarakatan inovasi, Ilmu pengetahuan dan tehnologi serta pengembangan produk dan kewirausahaan;
3. Pertemuan Ilmiah ( Seminar, Workshop, Desiminasi hasil penelitian) baik Nasional maupu internsional.

Berikutnya
4. Pertukaran pengulas ( Reviewer) pada berbagai jurnal Nasional dan seminar internasional :
5.Pertukaran pembicara utama(Keynote Speaker) Pada seminar Nasional dan seminar internsional;
6. Pengembangan sumber daya manusia, Penguatan intitusi dan kelembagaan;
7.Kdesepakatan lain yang disepakati para pihak yang sesuai dengan perjanjian kerja sama ini.

Ketua LPPM Universitas Pattimura Ambon, prof.Melianus Salakory, M,Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa penandatanganan MOA ini merupakan Langkah strategis dalam membangun sinergi antara LPPM-PMP UTU berada di bagian Barat provinsi Aceh dan LPPM Universitas Pattimura Ambon yaitu wilayah timur Indonesia.

“Saya percaya bahwa kolaborasi ini dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat, teutama dalam bidang pemberdayaan ekonomi dan pengembangan tehnologi,” ungkapnya

Penandatangan MOA ini merupakan Tindaklanjut dari kesepakatan antara Universitas Teuku Umar dan Universitas PATTIMURA Ambon sesuai kesepatan yang tertuang dalam MOU NO. 260/UN13/DN/2023 dan No. 82 /UN59/KS.03.00/2023.

Sementara itu ketua LPPM-PMP UTU yang diwakili oleh sekretaris Herry Darsan dalam sambutannya lebih menekankan pentingnya penelitian kolaboratif dalam menghadapai tantangan global, Kerja sama ini membuka peluang bagi dosen dan Mahasiswauntuk terlibat dalam penelitian yang Inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat luas.

Lebih lanjut, Herry Darsan mengatakan dengan adanya MOA ini, kedua Lembaga kita berharap dapat menghasilkan peneliti- Peneliti yang berkualitas tinngi yang dapat bermanfaat bagi pengembangan Ilmu pengetahuan serta mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia di kedua Lembaga ini.

Dalam Penandatangan ini juga di hadiri oleh Sekretaris LPPM UNPATTI Ambon yaitu DR, E.K.Huliselan, M.Si dan seluruh staf LPPM UNPATTI Ambon. (Humas UTU).