MEULABOHUTU | Task force Prodi Akuakultur melaksanakan sosialisasi program magang, pertukaran mahasiswa dan kompetisi wirausaha merdeka pada hari rabu tanggal 24 juli 2024 secara online (Zoom meeting).

Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini untuk memberikan informasi bagi mahasiswa dan pemahaman teknis pelaksanaan program tersebut pada semester Ganjil 2024/2025. Kegiatan dihadiri oleh ketua Prodi, dosen dan mahasiswa. Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Ketua Prodi Akuakultur Bapak Yusran Ibrahim, S.Pi., M.Si.

Prodi Akuakultur merupakan salah satu prodi yang berhasil memenangkan bantuan pendanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2024. Program PKKM bertujuan memfasilitasi, mendorong dan mempercepat perguruan tinggi mencapai indikator kinerja utama (IKU).

Salah satu aktivitas prodi akuakultur pada pelaksanaan PKKM 2024 adalah upaya peningkatan kesiapan kerja lulusan melalui kegiatan pembelajaran luar kampus (program magang, pertukaran mahasiswa dan kompetisi wirausaha merdeka).

Mahasiswa dapat memilih satu dari 3 program yang ditawarkan. Program magang mahasiswa berlokasi di Balai Riset Budidayakan Ikan Hias Depok, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar Bogor dan Tambak Udang di Aceh Besar. Waktu pendaftaran program magang mulai 25 juli s/d 2 agustus 2024 pada link https://bit.ly/Magang_PKKM2024. Selanjutnya program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) pendaftaran mulai 25 juli s/d 2 agustus 2024 pada link https://bit.ly/PMM_akuakultur2024.

Ketua Prodi Yusran Ibrahim, S.Pi., M.Si mengajak seluruh mahasiswa akuakultur mendaftar program ini. Banefit yang akan diperoleh oleh mahasiswa yang mengikuti magang dan pertukaran mahasiswa adalah biaya transportasi (pp), biaya bulanan, sertifikat dan konversi SKS mata kuliah.

Program ketiga adalah program kompetisi wirausaha merdeka. Tujuan program ini adalah untuk mendorong mahasiswa akuakultur berwirausaha, merealisasikan ide-ide usahanya, sebagi ajang kompetisi, meningkatkan wawasan dan mendapatkan pengalaman berwirausaha.

Zulfadhli, S.Pi., M.Sc, Tim Task force menjelaskan bahwa mahasiswa akuakultur dapat mengirim ide usahanya melalui usulan proposal wirausaha, 3 usulan proposal terbaik hasil seleksi juri akan mendapatkan insentif 10 jt/proposal.

Jadwal pengusulan proposal wirausaha dibuka pada tanggal 26 juli s/d 16 agustus 2024. Pengusulan proposal dapat dikirim melalui link https://bit.ly/Proposal_wirausaha2024 dan usulan proposal harus sesuai panduan yang dapat diunduh pada https://bit.ly/Panduan_wirausaha2024.