MEULABOHUTU | Tim Ekspedisi Kampung Bahari, Universitas Teuku Umar pada Jum’at (16/6/2023) resmi dilepas oleh Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Ibrahim, SKM., MNSc. Pelepasan ini dilakukan di aula GKT, Kampus UTU, Alue Penyareng.

Dalam pertemuan tersebut selain dihadiri Wakil Rektor III, juga turut hadir Anggota DPR Aceh, Fuadri, S.Si., M.Si, Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Rusdi Faizin, M.Si, Ketua IKA UTU, Arhamar Ridha, S.Sos, bagian Kemahasiswaan, perwakilan Polres Aceh Barat, perwakilan Kodim 0105/AB, serta seluruh anggota tim ekspedisi kampung bahari.

Adapun kegiatan Ekspedisi Kampung Bahari akan dilaksanakan di Kabupaten Simeulue mulai tanggal 16 hingga 25 Juni 2023. Program ini merupakan program perdana yang dicetuskan oleh Pemerintahan Mahasiswa Universitas Teuku Umar yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Simeulue serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Ibrahim, MNSc dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ekspedisi ini sangat positif, pihaknya memberikan dukungan penih karena apa yang dilakukan selaras dengan Tridarma Perguruan Tinggi untuk melakukan riset, sebagai upaya pengembangan potensi generasi muda Indonesia.

Diharapkan agar ekspedisi kampung bahari yang dilaksanakan di kabupaten Simeulue ini dapat menjalin hubungan antara mahasiswa dan masyarakat sekitar dan mampu mengharumkan almamater kuning kampus UTU.

“Tentunya dalam melaksanakan kegiatan ini tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan, sehingga seluruh agenda ekspedisi kampung bahari dapat terlaksana sesuai jadwal,” pungkas Warek III.

Kegiatan ini akan berlokasi di kecamatan Teupah Selatan, Simeulu. Dalam kegiatan ini Tim ekspedisi akan melaksanaka  sejumlah agenda diantaranya sosialisasi pendidikan dan kesehatan, eksplorasi wisata, cagar budaya, long live with green word serta fieldtrip menjelajahi keindahan pulau Simeulue.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa Universitas Teuku Umar menyebutkan untuk mendukung suksesnya program ekspedisi kampung bahari ini, sejumlah tokoh turut dihadirkan diantaranya dua sosok politisi Aceh Barat yang  kini berkiprah di DPR Aceh, yakni Fuadri, M.Si dan Tarmizi, SP. Selain itu turut mendatangkan dua akademisi yaitu Dr. Mursyidin, MA Dosen Universitas Malikussaleh dan Dr. Munandar, M.Sc Dosen Universitas Teuku Umar.

Kegiatan Ekspedisi Kampung Bahari mengangkat tema “Peran Generasi Muda Dalam Pengembangan Sektor Ekowisata dan Budaya”. Tujuan kegiatan ini untuk melaksanakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kemudian menciptakan ruang dan inovasi baru terhadap pertumbuhan daerah yang memiliki potensi pariwisata dan budaya bahari yang belum tereksplorasi..

Selanjutnya untuk menciptakan ruang edukasi terhadap masyarakat dalam pengembangan pembangunan desa dan mewujudkan generasi yang memiliki kepedulian terhadap sadar pendidikan serta untuk menumbuh kembangkan kesadaran cinta budaya.

“Kemudian, mengeksplorasi daerah yang memiliki sejarah dan budaya serta mengeksplorasi daerah yang memiliki potensi wisata alam baik di laut maupun di darat dan menciptakan kawasan wisata yang berkelanjutan,” pungkasnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).