MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama Universitas Syiah Kuala (USK) dalam rangka pendampingan pengembangan UTU menjadi Perguruan Tinggi Negeri Pengelola Keuangan Badan Layanan Umum (PTN PKBLU).

Kegiatan FGD tersebut berlangsung di Aceh Barat Daya, 17-19 Mei 2024. FGD ini melibatkan unsur pimpinan di lingkungan kampus UTU, tim penyusun dokumen yang keseluruhan berjumlah 36 orang serta tim  pendampingan dari USK berjumlah 15 orang tim ahli.

Kegiatan yang ke-V kalinya tersebut dalam rangka penyusunan dokumen revisi renstra, dokumen Renstra bisnis PK BLU, Dokumen BLU-SPM UTU, Dokumen BLU-SOTK UTU, dan Dokumen laporan keuangan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan output draft dari 5 dokumen tersebut, kami sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan tim dari USK yang telah berhadir dan mendampingi proses penyusunan beberapa dokumen untuk kebutuhan transformasi menuju PTN BLU,” kata Warek III UTU H. Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc dalam acara pembukaan mewakili Rektor UTU Prof Dr. Ishak Hasan, M.Si.

Ibrahim mengatakan pelaksanaan FGD ini merupakan bentuk keseriusan UTU, dalam upaya mendorong peningkatan status menuju PTN-BLU. Forum diskusi sengaja menghadirkan para guru besar dan tim dari USK agar dapat memberikan pendampingan penyempurnaan dokumen perubahan status perguruan tinggi.

Dengan pendampingan dan penguatan yang diberikan oleh tim USK perlu untuk didengarkan sehingga ketika melangkah menuju PTN-BLU, dosen dan tenaga kependidikan akan memiliki kesamaan pandangan serta tekat untuk mewujudkannya sehingga UTU dapat terus berakselerasi menjadi kampus unggul dan berdaya saing.

“Kita menargetkan di akhir tahun 2024 ini UTU bisa bertransformasi menjadi PTN BLU dan akan meningkatkan pelayanan Tridharma kepada Masyarakat,” pungkas Ibrahim

Adapun tim dari USK dipimpin oleh Wakil Rektor II Universitas Syiah Kuala, Prof Dr Marwan, S.Si., M.Si, Kepala Kantor Audit Internal USK Prof Dr.Ir, Suhendrayatna M.Eng, Ketua Badan Pengembangan Bisnis USK, Dr. Syaifullah Muhammad ST., M.Eng dan pemateri Prof. Dr. Taufiq S, M.Eng dan tim lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan FGD tersebut Wakil Rektor I UTU Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor II Prof Dr Nyak Amir, M.Pd, Kabiro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si, Kabiro AKPK Rinaldi Iswan, ST., M.Sc, Kepala LPPM-PMP UTU Ir. Yuliatul Muslimah, MP, para dekan dan sejumlah ketua Pokja lingkup UTU. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).