MEULABOHUTU | Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) merupakan induk dari pembinaan olah raga mahaiswa di tanah air, yang tujuannya untuk melaksanakan pembinaan olah raga bagi mahasiswa untuk menjadi atlit yang berprestasi di tingkat Nasional.

Bertempat Aula AAC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, pada 13 Oktober 2023 dilakanakannya pelantikan dan Rapat Kerja Badan Pembina Olah raga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Aceh priode 2023-2027.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Prof. Dr. Sri Suning Kusumardani S.T, M.T. Salah satu yang masuk dalam pengurus BAPOMI Aceh yaitu Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar Ibrahim Laweung, SKM., MNSc.

Dengan dilantiknya kepengurusan BAPOMI yang baru nantinya dapat melaksanakan  pembinaan terhadap alit-atlit olah raga khuusnya cabang olah raga yang dipertandingkan di Tingkat Nasional.

Selain Wakil Rektor III, turut juga dilantik utusan UTU lainnya sebagai pengurus BAPOMI Aceh yaitu Muhammad Idris, M.Pd selaku Koordinator Pokja Prestasi Mahasiswa. Pelantikan tersebut menyusul terpilihnya Prof. Mustanir, M.Sc (Wakil Rektor III USK) secara aklamasi untuk memimpin BAPOMI Aceh periode kedua selama empat tahun ke depan malalui hasil Musyawarah Olahraga Provinsi (Musoprov) BAPOMI Aceh yang telah digelar pada 31 Mei 2023 di Kota Banda Aceh.

Kegiatan Musyawarah dan pelantikan pengurus BAPOMI Aceh tersebut dihadiri oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh  H. Kamaruddin Abu Bakar (Abu Razak), serta dihadiri para Wakil Rektor dan Wakil Direktur bidang Kemahasiswaan seluruh Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri di Provinsi Aceh.

Wakil Rektor III Ibrahim kepada Humas UTU mengatakan BAPOMI Aceh akan bekerja dengan sebaik-baiknya dalam melakukan pembinaan olahraga di kalangan mahasiswa melalui kerja sama tim dan dukungan dari berbagai stakeholder.

“Khususnya Universitas Teuku Umar yang pada tahun 2025 mendatang mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah event olahraga terbesar tingkat mahasiswa di Aceh yaitu Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah ( POMDA) Aceh,”jelasnya

Lanjutnya kegiatan olahraga ini bisa dijadikan sebagai opsi, alternatif, untuk menyalurkan energi mahasiswa. “Dengan dukungan pimpinan perguruan tinggi, kami siap melaksanakan tugas sesuai amanah BAPOMI,” tutur Ibrahim Laweung

Pada kesempatan kegiatan tersebut, Suning Kusumardani mengatakan dirinya turut menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus BAPOMI Aceh yang baru tersebut.

Selanjutnya, dirinya berpesan setelah dilantik maka pengurus baru ini segera melakukan konsolidasi untuk melaksanakan berbagai program pembinaan olahraga mahasiswa.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan berdasarkan Peraturan Presiden No 86 tahun 2021 yang mengatur mengenai Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), telah mengamanahkan perguruan tinggi berperan besar dalam membina prestasi olahraga nasional dalam rangka bersaing dan bersanding dengan negara lain. (Humas UTU).