MEULABOHUTU | Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar Ibrahim Laweung, SKM., MNSc dan Koordinator Pusat PPID, Kehumasan dan Penerbitan UTU pada Jumat (18/8/2023) berkunjung ke Kantor Harian Serambi Indonesia di Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Kedatangan dua pejabat Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Aceh Barat itu disambut langsung oleh News Manajer Serambi Indonesia Bukhari M Ali dan Pemimpin Perusahaan Harian Serambi Indonesia, Mohd Din serta beberapa jajaran dari Serambi lainnya.

Dalam kunjungan silaturrahmi tersebut, Warek III UTU  manyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran Serambi Indonesia yang telah menyambut kedatangan dirinya beserta Korpus PPID dan Humas UTU.

Ibrahim menjelaskan kunjungan tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi sekaligus meningkatkan kerjasama yang sudah lama terjalin.
UTU ingin lebih maju. Dalam menggapai sebuah kemajuan tentu perlu menjalin kemitraan antar lembaga, baik itu dengan media, pemerintah, dan berbagai instansi lainnya.

Di samping itu, UTU juga berkomitmen untuk mendorong keterbukaan informasi. Selama ini UTU sudah sering berbagi informasi dengan awak media Serambi Indonesia di daerah, khususnya di Meulaboh, Aceh Barat.

Lanjutnya, pimpinan UTU berteimakasih atas kontribusi media khususnya Harian Serambi Indonesia yang turut membantu mensosialisasikan kampus UTU kepada masyarakat. “Ada beberapa implementasi kegiatan yang telah dilaksanakan dan kedepan akan terus diupayakan peningkatan kemitraan antar kedua pihak,” jelasnya.

Lebih lanjut Ibrahim menyebutkan kedatangan pihaknya merupakan langkah awal untuk membicarakan kemungkinan telaah MoU antara kedua institusi. “Nanti pada saat pembaharuan MoU kerjasama kedua belah pihak akan dihadiri langsung oleh Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si dan pimpinan lainnya,” kata Ibrahim

Sementara Koordinator Pusat PPID, Kehumasan dan Penerbitan UTU, Aduwina Pakeh mengatakan selama ini pihaknya sudah kerap berkomunikasi dengan rekan-rekan dari Serambi Indonesia via telepon, tapi kali ini pihak UTU ingin langsung bertatap muka dengan tim Serambi Indonesia. Semoga kerjasama antara UTU dengan Serambi Indonesia bisa lebih ditingkatkan.

Lebih rinci, Aduwina Pakeh yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar ini menjelaskan kehadiran mereka ke Serambi Indonesia untuk mendiskusikan program lanjutan, diantaranya penerbitan  buletin UTU News yang setiap bulannya diedarkan kepada masyarakat khususnya di Barat Selatan Aceh.

“Setiap bulan kita mencetak 10.000 eksemplar buletin UTU News, selama ini konsentrasi distribusi kita fokus di wilayah barat selatan Aceh, untuk tahun 2023 dan seterusnya kita kembangkan ke wilayah timur utara dan tengah Aceh,” jelas Aduwina Pakeh

Sementara itu, News Manajer Serambi Indonesia Bukhari M Ali menyambut positif atas kunjungan pihak UTU ke kantornya.

Ia mengatakan, Serambi Indonesia dan Universitas Teuku Umar selama ini sudah bermitra cukup baik, namun pertemuan seperti ini sangat diperlukan terutama untuk menyikapi perubahan demi perubahan yang terjadi.

UTU, katanya selama ini melalui harian serambi Indonesia konsisten menyebarkan informasi kepada masyarakat lewat berbagai platform media serambi indonesia seperti media cetak, online maupun media sosial. Juga berupa Tabloit UTU News, sehingga perkembangan dan kemajuan yang dicapai UTU tersampaikan informasinya kepada masyarakat,  khususnya di Barat Selatan Aceh.

Sementara Pemimpin Perusahaan Harian Serambi Indonesia, Mohd Din menambahkan, pihaknya juga sepakat untuk memperbaharui kembali MoU kerjasama yang pernah disepakati beberapa tahun lalu. “Banyak hal yang dapat kita lakukan secara bersama-sama untuk meningkatkan sumber daya manusia di Aceh, terutama terkait peningkatan informasi di bidang pendidikan,” pungkasnya. (Humas UTU).