MEULABOHUTU | Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc pada Senin, 21 Agustus 2023 pukul 09.00 WIB bertempat di ruang rapat senat Universitas Teuku Umar, lantai I Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, membuka secara resmi kuliah perdana Program Studi Magister Ilmu Perikanan.

Program Magister Perikanan ini merupakan program magister  pertama yang ada di Universitas Teuku Umar. Program Magister ini menjadi cikal bakal dan sejarah dalam perkembangan Universitas Teuku Umar kedepan.

Kuliah Perdana ini dihadiri oleh 5 Mahasiswa Baru angkatan perdana tahun 2023. Sebelum kuliah perdana dimulai, dilaksanakan penjelasan mengenai layanan sistem informasi, Administrasi dan berbagai layanan lainnya yang ada di Universitas Teuku Umar.

Topik yang dibicarakan dalam kuliah perdana ini “Sinergisitas Perikanan, Pertanian dan Perternakan untuk keberlanjutan ketahanan pangan,” yang disampaikan langsung oleh Warek 1 Dr. M. Aman Yaman.

Dalam pembukaannya, Dr. M. Aman Yaman mengapresiasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan atas terlaksananya perkuliahan perdana Prodi Magister Perikanan ini. “Semoga kuliah perdana ini dapat membuka cakrawala berpikir bagi anda semua dalam mengawali perkuliahan di program Magister Ilmu Perikanan,” ujarnya.

Dengan adanya program Magister Perikanan di UTU, harapannya kedepan Barat Selatan Aceh akan lebih berkembang dan menjadikan UTU sebagai pusat inspirasi dan sumber ilmu yang akan memajukan bangsa Aceh kedepannya.

Dekan FPIK UTU Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise., M.Sc., IPU dalam sambutannya menyampaikan rasa optimisnya jika FPIK ini akan berkembang. “Fakultas ini akan terus berkembang dengan mengeksplor semua potensi yang ada, dan sangat yakin kalau  bidang perikanan dan ilmu kelautan merupakan prospek yang sangat cerah dimasa yang akan datang”. Jelasnya.

Dr. Ismail Sulaiman menjelaskan Program Studi Magister Ilmu Perikanan adalah program magister pertama yang lahir di Universitas Teuku Umar bersamaan dengan Prodi Magister Ilmu Pertanian.

Program studi ini berdiri sejak diterbitkan SK Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 403/E/O/2023 tertanggal 2 Mei 2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Perikanan Program Magister pada Universitas Teuku Umar di Kabupaten Aceh Barat.

Program studi ini fokus pada studi ilmiah tentang perikanan dan sumber daya perairan. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip ilmiah, manajemen, dan keberlanjutan dalam bidang perikanan.

“Program Magister Ilmu Perikanan mempersiapkan lulusannya untuk berbagai karir di industri perikanan, penelitian perikanan, manajemen sumber daya perikanan, perairan perairan, dan bidang terkait lainnya,” jelas Dr. Ismail Sulaiman

Lanjutnya, dengan pemahaman mendalam tentang ilmu perikanan, lulusan dapat berkontribusi dalam pengelolaan dan konservasi sumber daya perikanan secara berkelanjutan.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Prodi Magister Ilmu Perikanan, Dr. Munandar, S.Kel., M.Sc yang menyebutkan  bahwa program magister ini siap menampung semua aspirasi dan lulusan yang ada terutama di barat selatan.

“saat ini minat dan animo masyarakat terhadap perkuliahan di Program Magister sudah mulai menggeliat dengan adanya mahasiswa perdana program pasca sarjana dan berharap kedepan akan terus bertambah jumlah mahasiswanya.

“Adapun tenaga pengajar di prodi Magister Ilmu Perikanan bergelar Doktor lulusan dalam dan luar negeri serta memiliki publikasi yang terakreditasi dengan indeksasi Sinta dan Scopus,” jelas Dr. Munandar

Semoga dengan dibuka program Magister Ilmu Perikanan ini bisa memperluas koneksi UTU sehingga Visi UTU sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dalam bidang marine Industri dapat segera terwujud. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).