MEULABOHUTU | Nabila Hilmy Zhafira, S.M., M.B.A dosen dari Universitas Teuku Umar yang menjadi salah seorang utusan dalam mengikuti pelatihan dan sertifikasi auditor audit mutu internal (AMI) tahun 2023 berbasis Risk Based Audit yang diikuti 11 PTN/PTS dari seluruh Provinsi Aceh terpilih sebagai Peserta Terbaik Pertama dari 40 peserta yang terseleksi mengikuti kegiatan di atas.

Pelatihan dan sertifikasi auditor audit mutu internal (AMI) mandiri tahun 2023 dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Prime Education Consultant (PEA) dengan melibatkan fasilitator wilayah SPMI dan narusumber serta pelatih audit mutu internal perguruan tinggi yang berpengalaman serta memiliki kompetensi yang telah diakui di level nasional dan memiliki sertifikat lead auditor dari ISO.

Program ini diikuti oleh UTU sebagai program prioritas penguatan organisasi mutu dan SDM mutu di lingkungan UTU sehingga mampu mempercepat peningkatan mutu berkelanjutan di bidang akademik “melampaui” SNDIKTI.

Penguatan jumlah dan kompetensi auditor AMI – UTU merupakan strategi prioritas dan Unit Penjaminan Mutu Akademik UTU untuk mempercepat peningkatan akreditasi program studi serta tingkat pelayanan akademik di seluruh program studi-UTU.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi auditor audit mutu internal (AMI) tahun 2023 berbasis Risk Based Audit dilaksanakan selama 3 hari dengan meteri pembekalan selama 2 hari dan praktek audit program studi selama 1 hari.

UTU mengirim 10 peserta dalam kegiatan tersebut dan berhasil LULUS sebagai auditor audit mutu internal (AMI) serta menerima sertifikat sebagai Auditor AMI yang berlaku selama 2 tahun.

Para auditor AMI-UTU yang telah memiliki sertifikat ini akan menjadi ujung tombak dalam memperkuat pelaksanaan dan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UTU kedepan sehingga siklus PPEPP dapat dijalankan guna memacu kesesuaian dan pelampauan SNDIKTI untuk mewujudkan APT dan APS Unggul dilingkungan program studi UTU.

Dalam kegiatan tersebut, bertindak sebagai fasilitator wilayah SPMI adalah Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc yang merupakan fasilitator SPMI nasional bersertifikat dari Kemendikbudristek yang memberikan konsep-konsep dasar serta strategi pengembangan mutu perguruan tinggi menuju PT unggul.

Kegiatan tersebut juga dilatih oleh narasumber mutu yang telah memiliki pengalaman dalam menjalankan mutu merealisasi program studi dan perguruan tinggi unggul dari LPM-USK yaitu: Prof. Dr. Adlim, M. Sc (senior coach of QA at USK), Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M. Eng (Kepala LPM-USK), Nurlaily, S.Pd., M. Pd (Kapus Akreditasi dan AMI LPM-USK), Dr. Ir. Bakhtiar, S.P., M.Si (Kapus Kebijakan dan Inovasi Mutu LPM-USK), Dr. Syifaul Huzni, M. Sc (senior auditor AMI-USK) dan Ir. Sri Rahmawati, ST., MT (junior auditor AMI-USK).

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi auditor audit mutu internal (AMI) tahun 2023 diikuti oleh 40 peserta aktif yang berasal dari Universitas Bina Bangsa Getsempena, Akper Kesdam Iskandar Muda, STIES Banda Aceh, STIA Nasional, STIA PELITA Nusantara, ISBI Aceh, USM Banda Aceh, STIE Lhokseumawe, Universitas Teuku Umar, Universitas ABULYATAMA, Universitas Ubudiyah Indonesia. (Humas UTU).