MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar dalam waktu dekat segera membuka program studi (prodi) baru untuk sekolah pascasarjana, yaitu prodi Magister Sosiologi. Hal ini setelah dilakukan visitasi oleh LLDIKTI XIII Aceh yang dipimpin langsung Dr. Ir. Rizal Munadi, M.M.,M.T didampingi Ali Umar, S.Pd, M.Pd dan Surya Dinata pada Senin (30/10) di Ruang Rapat Senat, GKT, Kampus UTU.

Turut hadir dalam visitasi tersebut, Rektor UTU dan para Wakil Rektor, para Dekan, dan sejumlah ketua program studi  beserta jajaran pimpinan lainnya.

Rektor UTU yang diwakili Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan kerjasama dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para asesor yang bersedia hadir untuk melakukan visitasi terkait rencana pembukaan prodi baru Magister Sosiologi UTU.

M. Aman Yaman mengatakan, pembukaan prodi tersebut diharapkan dapat berkontribusi kepada masyarakat khususnya yang berkiprah atau membutuhkan program magister Sosiologi. Lebih lanjut M. Aman Yaman berharap dalam hal ini pihak LLDIKTI XIII Aceh dapat memberikan rekomendasi izin pembukaan prodi baru tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada bapak-bapak dari LLDIKTI XIII Aceh karena terus terang ini sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Semoga rencana pembukaan prodi baru ini dapat sesuai target kita yaitu bulan Januari sudah dapat tuntas perizinannya,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Rizal Munadi, M.M.,M.T mengungkapkan pihak LLDIKTI XIII Aceh akan mendorong perguruan tinggi untuk dapat berkembang dan maju. Maka dari itu, visitasi menjadi hal sangat penting untuk dapat melihat kondisi maupun keadaan yang sesungguhnya terkait dengan rekomendasi izin operasional yang akan disampaikan kepada Kemendikbudristek

“LLDIKTI mengeluarkan rekomendasi, sementara itu Kemendikbud pusat yang akan mengeluarkan izin operasional. Tentunya rekomendasi yang akan kami sampaikan itu dari hasil visitasi ketika memang disini dipandang perlu dan layak, tapi kalau kami lihat ini UTU sudah cukup siap. Adapun kekurangan-kekurangan teknis nanti kita sempurnakan. Kita akan mengawal dan membina sama-sama untuk berkembang dan maju,” tuturnya.

Dihubungi terpisah, Dr. Akmal Saputra, MA selaku Ketua Prodi Sosiologi UTU yang juga Ketua Tim Pengusul Prodi Magister Sosiologi seusai mempresentasikan potensi dan kekuatan SDM Prodi Sosiologi dalam mempersiapkan program Magister Sosiologi menjelaskan bahwasanya SDM Prodi telah memiliki kecukupan untuk membuka program Magister.

“Kita telah memiliki SDM Dosen berpendidikan Doktor yang cukup sebagai prasyarat untuk membuka program Magister, selain itu pembukaan program Magister juga merespon permintaan alumni S1 Sosiologi UTU yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2,” kata Dr. Akmal Saputra

“Jika mahasiswa ingin merasakan suasana akademik yang berbeda, tentu saja mereka dapat melanjutkan kuliah di kampus lain. Tapi banyak juga mahasiswa yang merasa sudah terlanjur jatuh cinta dengan UTU, merasa lebih nyaman melanjutkan kuliah di kampus tempat mereka meraih gelar sarjana,” Pungkas Akmal. (Humas UTU).